Cara Merawat Lansia yang Bisa Anda Coba

Memang, merawat lansia susah-susah gampang, karena kebutuhan dan perlakuannya berbeda.
Cara Merawat Lansia
Cara Merawat Lansia yang Bisa Anda Coba

Apakah Anda sedang bingung cara merawat orang tua yang sudah lansia? Memang, merawat lansia susah-susah gampang, karena kebutuhan dan perlakuannya berbeda.

Karena banyaknya masyarakat yang bingung cara tepat merawat lansia, maka kami akan membagikan caranya. Ikuti cara berikut!

Tentukan Bantuan yang Dibutuhkan

Setiap orang tua memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Maksudnya adalah orang tua yang kesulitan berjalan akan berbeda kebutuhannya dengan orang tua yang kesulitan berbicara.

Dengan mengetahui apa yang mereka butuhkan, Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Hasilnya adalah bantuan yang Anda berikan memang yang mereka butuhkan, bukan yang Anda inginkan.

Renovasi Rumah

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk merawat lansia adalah melakukan perubahan pada beberapa bagian di rumah. Perubahan tersebut bisa saja menghilangkan beberapa furnitur atau peralatan berlebihan yang ada di rumah.

Selain menghilangkan beberapa furnitur, Anda juga bisa memperbaiki pegangan yang ada di toilet. Pastikan pula tidak ada kabel yang longgar maupun yang ada di lantai.

Gunakan Teknologi untuk Mengawasi

Ketika Anda bekerja dan orang tua sendirian di rumah, Anda bisa mengawasinya dengan memanfaatkan teknologi. Seperti misalnya menggunakan ponsel untuk menelpon mereka setiap beberapa jam sekali. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sensor gerak untuk tetap mengawasinya dari jarak jauh.

Minta Bantuan Orang Lain

Tidak semua anak dapat memeriksa orang tuanya setiap hari. Bisa saja karena jauh atau banyaknya kegiatan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merawat orang tua yang telah lansia adalah dengan meminta bantuan orang lain. Pastikanlah untuk menemukan orang yang tepat, dan Anda juga bisa meminta bantuan oleh agensi yang terpercaya.

Luangkan Waktu Bersama Ketika Santai

Ketika Anda memiliki waktu santai, kunjungilah orang tua. Manfaatkan waktu tersebut untuk saling mendengarkan dan mengutarakan pikiran. Hal ini akan semakin meningkatkan hubungan Anda dan orang tua.

Pilih Asuransi yang Tepat

Asuransi ini akan berkaitan dengan orang tua dan diri Anda sendiri. Asuransi bisa saja dalam bentuk asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan masih banyak lagi.

Asuransi ini sangat penting untuk orang tua maupun diri Anda sendiri. Maka dari itu, cari tahu terlebih dahulu mengenai asuransi jangka panjang tersebut, dan sesuaikanlah dengan keadaan Anda.

Update dengan Teknologi Terbaru

Ikutilah perkembangan teknologi yang ada, apalagi terkait dengan orang tua. Bisa saja, teknologi terbaru tersebut dapat membantu untuk meningkatkan perawatan bagi orang tua Anda. Walaupun terlihat sederhana, hal ini juga penting untuk diperhatikan karena teknologi yang tepat sangat berguna bagi orang tua.

Tingkatkan Pengetahuan Diri Sendiri

Selain orang lain yang menjaga orang tua Anda, Anda juga harus meningkatkan pengetahuan diri sendiri akan hal tersebut. Dengan meningkatkan pengetahuan, Anda akan semakin mengerti bagaimana cara merawat lansia dalam jangka panjang.

Periksa Obatnya

Orang tua identik dengan mengonsumsi obat-obatan. Hal ini sangatlah penting dan harus diperhatikan ketika ingin merawat lansia.

Jika mereka mengonsumsi beberapa obat setiap harinya, alangkah lebih baik untuk membeli kotak pil dengan kompartemen berlabel hari dalam seminggu. Kotak tersebut akan membantu mereka untuk minum obat sehingga tidak akan ada obat yang tidak diminum. [4]

Buat Mereka Tetap Aktif

Aktif tidak hanya sekedar olahraga yang membuat tubuh sehat, melainkan juga aktif bersosialisasi. Terkadang, lansia merasa terkunci dan kesepian tidak tidak jarang mengalami depresi.

Cara yang tepat untuk menghindari depresi tersebut adalah dengan membuat mereka tetap terlibat bersama keluarga atau teman. Mungkin saja mereka ingin keluar dan mendapatkan teman baru. Apapun itu, buatlah mereka tetap aktif.

Sediakan Makanan Sehat

Beberapa orang tua memang suka memasak makanannya sendiri. Hal ini mereka lakukan ketika tubuhnya fit. Namun semakin bertambahnya usia, beberapa kemampuan semakin berkurang dan termasuk di dalamnya adalah memasak makanan sendiri.

Dari pada menyajikan makanan cepat saji yang mudah dan praktis, akan lebih baik menyajikan makanan yang sehat. Makanan sehat ini juga sangat bagus untuk kondisi orang tua. Misalnya orang tua yang mengalami diabetes, makanan yang disajikan adalah makanan yang cocok untuk penderita diabetes. Dengan begitu, makanan tersebut juga membantu dalam menjaga kesehatan orang tua Anda.

Perhatikan Masalah Mengemudi

Mungkin orang tua Anda dahulu selalu mengemudi sendiri, namun sekarang hal tersebut tidak bisa lagi karena kemampuan kognitifnya yang semakin menurun. Hal ini penting untuk Anda ketahui dan temukan solusinya.

Beberapa solusi yang bisa Anda pilih adalah dengan menawarkan sopir atau menggunakan layanan pengiriman untuk mengirimkan bahan makanan.

Mengatur Jadwal

Sudah tua bukan berarti orang tua Anda tidak memiliki jadwal kegiatannya. Jadwal tersebut bisa saja mandi, janji bertemu dokter, belanja, memasak, olahraga, dan masih banyak lagi.

Dengan mengatur seluruh jadwal tersebut tidak hanya kehidupan orang yang Anda cintai teratur, namun juga kehidupan Anda akan teratur. Dalam hal ini jika Anda tidak bisa mengaturnya sendiri, mungkin Anda perlu meminta bantuan orang lain sehingga tidak ada jadwal yang akan terlewat.

Jadilah yang Dapat Diandalkan

Beberapa orang tua mudah untuk kehilangan kepercayaan pada pengasuhnya, misalnya karena tidak datang tepat waktu. Jika hal ini terjadi maka tidak jarang mereka memanfaatkan kesempatan untuk merawat dirinya sendiri.

Kejadian ini sebenarnya dapat menyebabkan hal yang berbahaya. Contohnya adalah jatuh dari tangga karena. Maka dari itu, Anda harus menjadi seseorang yang dapat mereka andalkan.

Cari Tahu Cara Memahami Disabilitas Komunikasi

Beberapa orang lanjut usia mengalami penurunan dalam kemampuan komunikasi. Hal ini bisa saja terjadi karena kondisi kesehatannya, seperti lansia yang mengalami stroke.

Selain kesulitan berkomunikasi, beberapa orang tua juga mengalami kesulitan untuk mendengar apa yang dikatakan orang lain. Jika hal ini terjadi, maka Anda perlu untuk berbicara dengan membuka mulut sedikit lebih lebar.

Dengan begitu, Anda dapat menunjukkan ekspresi dari kata-kata yang diucapkan, dan mereka pun mengerti pembicaraan tersebut. Selain itu, kemauan mereka untuk berkomunikasi juga akan memudahkan Anda dalam memahami apa yang mereka bicarakan.

Referensi:
  • Mayo Clinic Staff. Caring for The Elderly: Dealing with Resistance. Mayo Clinic; 2020.
  • Elizabeth Laiza King. The Simple Guide to Caring for Elderly People. Huffpost; 2017.
  • William A. Haseltine. Top 10 Tips for Caring for Older Adults. Forbes; 2020.
  • Julie Kirk. 12 Tips for Taking Care of Elderly Loved Ones. Love to Know; 2021.
  • Anonim. Home Care for the Elderly in Their Own Homes: Important Things to Remember. Aginginplace; 2021.