Mudah, Berikut 5 Cara Membersihkan Filter AC Sendiri

Membersihkan filter AC dapat dilakukan sendiri lho! Berikut cara membersihkan filter AC sendiri dengan mudah.
Mudah, Berikut 5 Cara Membersihkan Filter AC Sendiri

Salah satu bagian AC yang mudah sekali kotor adalah filter AC. Filter yang kotor dapat membuat AC menjadi tidak dingin dan tidak tahan lama. Maka dari itu, diperlukan cara membersihkan filter AC dengan tepat.

Tentunya setiap orang menginginkan AC yang dimilikinya tahan lama sehingga dirinya tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli AC baru. Inti dari AC yang tahan lama adalah dari cara merawat AC tersebut.

Membersihkan filter AC yang kotor juga merupakan salah satu bagian dari merawat AC sehingga AC menjadi dingin dan tahan lama. Sebenarnya, filter AC dapat Anda bersihkan sendiri di rumah lho!

Bagaimana caranya? Berikut cara mudah membersihkan filter AC untuk Anda!

Membersihkan Panel Bagian Depan

Langkah pertama adalah Anda perlu untuk membuka panel bagian depan. Angkat panel tersebut sampai berbunyi "klik". Setelah itu, tarik untuk melepaskannya.

Panel tersebut dapat Anda bersihkan dengan kain kering atau kain basah dengan suhu hangat. Lalu keringkan.

Membersihkan Bagian Filter Udara

Bagian selanjutnya yang perlu Anda bersihkan adalah filter udara. Filter ini perlu Anda bersihkan minimal dua minggu satu kali, sehingga tidak banyak debu dan kotoran.

Caranya yaitu dengan melepaskan filter udara dari AC dan letakkan di luar ruangan. Anda dapat menghilangkan debu tersebut dengan penyedot debu dengan kecepatan yang rendah. Setelah itu, cuci filter udara dengan air hangat sehingga dapat menghilangkan kotoran lainnya. Lalu keringkan.

Membersihkan Filter Pembersih Udara

Filter pembersih udara terletak di dalam bingkai filter udara. Saat Anda melepaskan filter udara, maka Anda pasti akan melihat filter pembersih udara.

Cara membersihkan filter AC yang tepat sehingga AC dapat tahan lama yaitu dengan membersihkan filter pembersih udara tersebut. Filter ini dapat Anda bersihkan tiga bulan sekali, dan Anda harus mengganti filter tersebut setiap tahunnya.

Membersihkan Heat Exchanger

Setelah Anda membersihkan filter udara, langkah selanjutnya yaitu membersihkan heat exchanger. Sebaiknya Anda membersihkan heat exchanger 5 jam setelah AC dinonaktifkan, karena untuk menghindari penumpukan uap air atau panas.

Cara membersihkan heat exchanger yaitu dengan menggunakan vakum mengikuti bentuk heat exchanger. Pada bagian kecil, Anda dapat menggunakan vakum dengan bagian yang lebih kecil sehingga dapat menjangkau keseluruhan bagiannya.

Pasang Kembali Filter

Cara terakhir dalam membersihkan filter AC adalah memasang kembali filter udara yang telah dibersihkan. Pastikan filter tersebut telah bersih dari debu dan kotoran serta kering.

Mudah bukan? Anda tidak perlu memanggil seorang profesional hanya untuk membersihkan filter AC, dan tentunya Anda akan lebih menghemat uang. Selamat mencoba!