Daftar Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Tangan

Kulit tangan yang kering memang bukan hal berbahaya, namun tidak nyaman. Maka dari itu, ketahui cara mengatasinya di sini.
Daftar Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Tangan

Apakah merasa memiliki tangan yang kering dan tentunya terlihat tidak sehat? Tenang saja, karena hal tersebut bukanlah kondisi berbahaya dan dapat diatasi dengan beberapa cara, yaitu:

Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Tangan

Gunakan Pelembab

Inti dari kulit yang kering adalah kurangnya kelembaban pada kulit tersebut. Cara mudah untuk mengatasi kulit kering itu adalah dengan menggunakan lotion pelembab. Lotion ini akan membantu untuk mengembalikan dan mempertahankan kelembaban kulit.

Gunakan Sarung Tangan

Kulit tangan yang kering juga bisa saja terjadi karena tangan sering terendam oleh air, seperti ketika mencuci piring. Jika begitu, disarankan untuk menggunakan sarung tangan sehingga air tidak menghilangkan minyak alami di kulit Anda.

Lindungi Tangan dengan Sunscreen

Seperti yang kita ketahui, tangan merupakan bagian yang jarang tertutup, sehingga setiap harinya ia akan bersentuhan langsung dengan cahaya matahari. Panas dari matahari tersebut dapat mengeringkan kulit, menyebabkan luka bakar, dan bahkan masalah kesehatan yang lebih parah.

Maka dari itu, lindungi tangan Anda dengan sunscreen sehingga membantu untuk menghalangi panas dari matahari mengeringkan kulit.

Manfaatkan Lidah Buaya

Sudah tidak asing lagi bahwa lidah buaya merupakan bahan yang tepat untuk perawatan kulit. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengatasi kekeringan pada kulit tangan karena lidah buaya memiliki sifat antibiotik dan anti-inflamasi.

Jika tidak ingin menggunakan lidah buaya yang dikeluarkan oleh perusahaan, Anda sebenarnya bisa saja langsung menggunakan lidah buaya asli. Caranya hanya tinggal dioleskan saja pada kulit.

Mengurangi Stres

Stres merupakan sebuah kondisi yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh seseorang. Bagi penderita eksim, stres dapat memicu flare. Maka dari itu, untuk orang yang memiliki eksim perlu menghindari kulit kering di tangannya dan cara yang tepat adalah dengan mengendalikan stres.

Selain stres, keadaan dapat jadi lebih buruk untuk penderita eksim ketika cuci tangan yang berlebihan. Jika hal ini terjadi, Anda mungkin diresepkan obat kortikosteroid untuk membantu kulit cepat sembuh.

Hindari Menggunakan Pengering Tangan

Alat pengering tangan digunakan untuk membantu mempercepat pengeringan tangan setelah dicuci. Alat ini memang biasa digunakan, namun bagi Anda yang memiliki kulit tangan yang kering, akan lebih baik untuk tidak menggunakannya.

Hal ini karena alat tersebut hanya akan membuat tangan semakin kering yang disebabkan udara panas. Lebih baik untuk menggunakan handuk atau tisu ketika ingin mengeringkan tangan.

Eksfoliasi

Beberapa orang mengira bahwa eksfoliasi tidak penting, padahal hal ini sangatlah penting. Eksfoliasi akan membantu untuk menghilangkan kulit mati, kering dan rusak.

Anda bisa membuat produk eksfoliasi sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang sangat mudah dijangkau. Hanya dengan mencampurkan minyak zaitun dengan satu hingga dua sendok makan gula pasir saja, Anda sudah bisa memilikinya.

Manfaatkan Oat Ketika Mandi

Pernahkah Anda berpikir mandi dengan oat? Faktanya, ketika oat mentah atau yang telah dimasak dimasukkan ke dalam bak mandi, ia akan bekerja untuk meremajakan kulit.

Selain dengan dicampurkan dalam bak mandi, sebenarnya oat juga bisa jika dimasukkan ke dalam baskom kecil dan dicampur dengan minyak, seperti minyak zaitun.

Gunakan Krim Hidrokortison

Dalam beberapa kasus, kulit kering tersebut dapat memburuk dan menjadi masalah baru, yaitu dermatitis. Dermatitis adalah suatu kondisi kulit di mana kulit terlihat meradang dan merah.

Jika hal ini terjadi, maka cara yang bisa digunakan adalah dengan memberikan krim hidrokortison. Krim tersebut dapat membantu untuk menenangkan kulit yang sedang iritasi.

Gunakan Humidifier

Humidifier merupakan sebuah alat yang digunakan untuk melembabkan udara, dan biasanya banyak digunakan oleh orang yang memiliki masalah pernapasan.

Selain membantu untuk pernapasan, sebenarnya humidifier juga sangat membantu dalam melindungi kulit, terlebih untuk orang-orang yang berada di lingkungan yang kering.

Kapan Harus ke Dokter?

Kulit yang kering memang hal yang wajar dan dapat diatasi dengan mudah. Namun jika kulit Anda kering yang disebabkan oleh eksim atau kondisi kulit lainnya, Anda harus segera konsultasi ke dokter.

Beberapa gejala yang mengindikasikan masalah serius adalah:

  • Perubahan warna kulit
  • Kulit berdarah
  • Terdapat kemerahan
  • Drainase dari area kulit yang terbuka
  • Terdapat pembengkakan

Penyebab Kulit Kering pada Tangan

  • Cuaca

    Cuaca dapat menyebabkan kulit tangan menjadi kering, terlebih ketika cuaca dingin dalam jangka waktu lama. Ketika cuaca sedang dingin, tidak banyak uap air di udara, sehingga kulit menjadi mudah kering.

  • Profesi

    Beberapa pekerjaan menuntut untuk sering mencuci tangan, seperti perawat, dokter, maupun guru. Selain itu, pekerjaan yang terpapar bahan kimia seperti pekerja pabrik atau penata rambut juga dapat menjadi penyebab tangan kering.

Cara Mencegah Kulit Kering pada Tangan

Cara pencegahan kulit kering akan berbeda-beda tergantung dari penyebabnya. Jika pekerjaan yang harus sering cuci tangan, maka bisa dengan mengoleskan pelembab ketika setelah mencuci tangan.

Jika kulit kering disebabkan oleh terlalu sering mencuci piring, maka cara mencegah yang tepat adalah dengan menggunakan sarung tangan. Seperti itu pula ketika kulit kering karena paparan sinar matahari. Langkah yang tepat adalah menggunakan produk yang dapat melindungi kulit, dan membatasi terkena sinar matahari.

Orang yang memiliki eksim atau kondisi kulit lainnya harus berusaha untuk mencegah flare. Hal ini bisa dilakukan dengan manajemen stres dan juga mengikuti arahan dari dokter.

Referensi:

  1. Chaunie Brusie & Deborah Weatherspoon, Ph.D, RN, CRNA. How to Heal and Prevent Dry Hands. Healthline; 2019.
  2. Anonim. 9 Ways to Banish Dry Skin. Harvard Health Publishing; 2020.
  3. Jenna Fletcher & Cynthia Cobb, DNP, APRN, WHNP-BC, FAANP. How Do I Get Rid of My Dry Hands?. Medical News Today; 2018.
  4. Sarah Jacoby. How To Heal Dry, Cracked Hands From Washing Your Hands So Damn Much. Self; 2020.