Inilah 5 Cara Merawat AC agar Awet dan Tetap Dingin

Kerusakan dapat disebabkan oleh AC yang sudah terlalu lama, penggunaan yang berlebihan, serta perawatan yang kurang tepat.
Inilah 5 Cara Merawat AC agar Awet dan Tetap Dingin

Apakah Anda merasa air conditioner (AC) yang ada di rumah tidak dapat menghadirkan udara dingin? Jika iya, maka Anda perlu untuk memperhatikan cara merawat AC dengan benar.

Hal ini karena, AC yang tidak dingin merupakan tanda-tanda bahwa terdapat kerusakan pada AC tersebut. Kerusakan dapat disebabkan oleh AC yang sudah terlalu lama, penggunaan yang berlebihan, serta perawatan yang kurang tepat.

Tapi, tahukah Anda bahwa AC yang Anda miliki dapat bertahan hingga 10 tahun bahkan lebih? Bagaimana caranya?

Berikut 5 cara merawat AC sehingga lebih awet:

Gunakan Timer

Kenapa perlu menggunakan timer? AC yang digunakan terus-menerus dalam jangka waktu yang lama dapat mempercepat umur ekonomisnya. Dengan begitu, AC akan jauh lebih cepat rusak.

Waktu yang terbaik untuk menggunakan AC adalah 5 jam dalam setiap pemakaian. Setelah itu, biarkan mesin AC istirahat dan kembali dingin.

Memberikan waktu AC beristirahat bukan berarti seketika ruangan tersebut menjadi tidak dingin dan tidak nyaman. Suhu di dalam ruangan akan tetap dingin asalkan tidak terdapat celah yang menyebabkan udara masuk dan keluar dengan cepat.

Bersihkan Filter

Saringan udara atau filter yang terdapat pada bagian AC ditujukan untuk menyaring debu sehingga tidak menyumbat evaporator. Jika evaporator tersumbat, maka debu juga akan masuk dan menempel pada kipas pendingin. Alhasil, AC yang Anda miliki tidak dingin.

Rajinlah untuk membersihkan filter setiap 1-2 kali seminggu. Jika Anda tidak sempat, tidak ada salahnya untuk membersihkan setiap 1-2 bulan. Intinya adalah Anda membersihkan filter secara rutin.

Jangan Atur Suhu Termostat Terlalu Rendah

Termostat yang terdapat pada AC ditujukan untuk melindungi dan mencegah ruangan memiliki suhu yang terlalu rendah. Alat ini secara otomatis akan membatasi AC sehingga tidak bekerja secara berlebihan ketika ruangan telah mencapai suhu yang tepat.

Tutup Seluruh Celah Udara Saat Menyalakan AC

Saat AC diaktifkan untuk bekerja mendinginkan ruangan, maka hal yang bijak adalah dengan menutup seluruh celah udara keluar. Dengan begitu, Anda membantu meringankan kerja AC dan ruangan lebih cepat dingin karena udara yang dihasilkan dari AC tidak ke luar ruangan.

Rutin Servis

Cara terakhir untuk merawat AC agar tahan lama adalah rutin melakukan servis. Servis bukan hanya Anda lakukan ketika AC mengalami permasalahan, seperti tidak dingin.

Servis ditujukan untuk memeriksa secara menyeluruh bagian-bagian dari AC tersebut. Dari pemeriksaan tersebut, maka Anda akan mengetahui bagaimana kondisi setiap elemen dari AC. Jika terdapat kerusakan, maka dapat segera diatasi sehingga mencegah terjadinya kerusakan besar pada AC.

Lakukan 5 cara merawat AC di atas sehingga AC yang Anda miliki akan lebih tahan lama. Selain memperlama masa pakai AC, merawat AC juga dapat membantu Anda untuk hemat karena Anda tidak perlu mengganti AC terus-menerus.