Kamu Mau Beli AC? Perhatikan Jenis AC Berikut Ini!

Buat kamu yang ingin membeli air conditioner (AC), simak beberapa jenis AC berikut ini!
Kamu Mau Beli AC? Perhatikan Jenis AC Berikut Ini!

Buat kamu yang ingin membeli air conditioner (AC), simak beberapa jenis AC di bawah ini!

AC merupakan salah satu barang penting di rumah. Hal ini karena dengan kondisi cuaca panas yang ada di Indonesia, maka kita memerlukan pendingin ruangan untuk membantu membuat nyaman.

Ada banyak sekali jenis AC yang beredar di pasaran dan cocok untuk penggunaan di rumah. Apa saja itu?

AC Central

Jika Anda memiliki rumah yang besar serta ingin mendinginkan beberapa ruangan, maka AC central adalah solusinya. AC jenis ini menggunakan sistem split untuk mengatur udara melalui saluran yang dipasang di rumah Anda.

Kelebihan AC tipe ini adalah mampu mendinginkan beberapa ruangan sekaligus dan rumah tidak terlalu lembap karena udara yang dihasilkan bersirkulasi di seluruh ruangan. Sedangkan kekurangan dari AC ini adalah menghabiskan lebih banyak energi.

AC Ductless Split

AC tipe ini pasti sangat mudah Anda kenali karena banyak digunakan orang di dalam kamar tidurnya. Ya, AC ductless ini dianggap lebih efisien dibandingkan AC tipe lainnya jika Anda ingin memfokuskan udara dingin pada satu ruangan saja.

Kelebihan dari AC ini adalah dapat dipasang di mana saja (hanya membutuhkan dinding untuk meletakkannya), serta dapat mengontrol suhu ruangan secara individual. Sedangkan kekurangannya yaitu tidak dapat mendinginkan ruangan yang besar dan dapat terlihat oleh mata karena dipasang pada dinding ruangan.

AC Window

AC window merupakan AC dengan bentuk kotak yang di dalamnya telah memuat berbagai macam item, dan diletakkan di jendela. Tipe AC ini akan mengeluarkan udara dingin di dalam ruangan juga sekaligus mengeluarkan udara panas di bagian luarnya.

Kelebihan dari AC window adalah lebih murah, mudah dipasang, serta mudah dirawat. Sedangkan untuk kekurangannya yaitu menimbulkan suara berisik serta mengaburkan pandangan dari jendela dan harus ditempatkan pada bagian listrik yang tepat.

AC Portable

Sesuai dengan namanya, AC ini dapat dipindahkan di ruangan mana saja sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Saat ingin mengoperasikan AC portable, yang Anda perlukan hanyalah aliran listrik serta jendela untuk mengeluarkan udara panas.

Keuntungan menggunakan AC portable adalah dapat dipindahkan ke mana saja di bagian rumah dan tidak membutuhkan tempat permanen. Sedangkan kerugian menggunakan AC ini adalah suara berisik yang dihasilkan saat pengoperasian serta tidak dapat mendinginkan ruangan yang besar.

AC Hybrid

Jenis AC terakhir yang cocok untuk rumah adalah AC hybrid. AC ini menggunakan dua jenis energi yaitu bahan bakar fosil dan listrik sehingga dapat menghemat uang serta energi yang dikeluarkan.

Sistem kerja dari AC ini adalah menarik panas yang ada di dalam rumah dan mendistribusikannya ke luar ruangan pada musim panas atau menarik udara panas di luar dan mendistribusikannya ke dalam rumah pada saat musim dingin.

Dari 5 jenis AC di atas, AC manakah yang akan Anda pilih dan gunakan?