Kelebihan AC Central, Sangat Nyaman Hingga Hemat Biaya

AC central banyak digunakan oleh gedung-gedung besar. Sebenarnya apa kelebihan dari AC central tersebut? Berikut penjelasannya!
Kelebihan AC Central, Sangat Nyaman Hingga Hemat Biaya

Saat Anda mengunjungi rumah sakit atau berjalan-jalan di mall, maka Anda akan merasakan udara dingin mulai dari pintu masuk hingga bagian dalam bangunan tersebut. Apakah Anda melihat adanya air conditioner (AC) di sana? Tentu saja tidak karena mereka menggunakan AC central, dan salah satu kelebihan AC central yaitu tidak mudah terlihat.

Coba saja Anda melihat ke bagian langit-langit, pasti terdapat lubang udara bukan? Lubang udara tersebutlah yang menyemburkan udara dingin untuk tempat tersebut.

Dari penjelasan di atas maka sebenarnya Anda sudah mengetahui bahwa AC central adalah pendingin ruangan yang dikontrol pada satu titik untuk menciptakan udara dingin dan nyaman seluruh bagian gedung.

Kenapa para pemilik gedung-gedung besar tersebut menggunakan AC central? Apa sebenarnya kelebihan dari AC central tersebut? Mari kita bahas!

Tidak Berisik

Kelebihan AC central yang pertama dan tentunya Anda rasakan adalah tidak adanya suara berisik yang muncul dari AC tersebut. Suara yang dihasilkan oleh AC yang bekerja sebenarnya adalah hal yang lumrah, namun terdapat beberapa jenis AC dengan suara yang keras sehingga sangat mengganggu.

Bukan berarti AC central tidak memiliki suara saat bekerja, namun suara yang ditimbulkan sangat lembut dan sangat minim dibandingkan dengan AC jenis lainnya.

Menghemat Ruang

Bagaimana caranya AC central yang besar dapat menghemat ruang? Ya tentu saja bisa.

Hal ini karena AC central hanya memerlukan satu bagian di dalam gedung, sedangkan AC ruangan lainnya membutuhkan bagian untuk setiap ruangan yang ingin didinginkan.

Hemat

Kelebihan AC central yang ketiga yaitu hemat. Mungkin Anda memiliki pandangan yang berbeda akan hal tersebut karena kenyataannya AC central memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan AC ruangan biasa.

Jika dibandingkan antara satu AC central dengan satu AC ruangan biasa, tentu saja seperti itu. Namun, AC central ditujukan untuk mendinginkan beberapa ruangan bahkan satu gedung, sedangkan AC ruangan hanya dapat mendinginkan satu ruangan saja.

Jika setiap ruangan di dalam gedung atau rumah tersebut memiliki AC ruangan, bukankah lebih hemat menggunakan AC central? Terlebih jika ukuran dan lokasi penempatannya yang tepat, maka akan jauh lebih hemat dibandingkan dengan AC window atau AC ruangan lainnya.

Fleksibel

Lantas jika AC central dapat mendinginkan seluruh ruangan sekaligus, bagaimana jika Anda tidak menginginkan seluruh ruangan tersebut dingin? Tentu saja Anda dapat mengaturnya.

Caranya yaitu dengan menutup ventilasi AC di area ruangan yang tidak Anda inginkan. Hasilnya, ruangan tersebut tidak akan dingin.

Mencegah Jamur

Suhu ruangan dingin yang disebabkan oleh AC merupakan udara yang sangat disukai oleh jamur. Terlebih ruangan yang dingin akan terasa lebih lembap dibandingkan dengan udara yang panas.

Kelebihan AC central lainnya yaitu dapat mencegah timbulnya jamur karena udara dingin yang dihasilkan bersirkulasi ke seluruh ruangan sehingga mampu mencegah satu ruangan memiliki suhu yang terlalu dingin. Dengan begitu, akan lebih sulit untuk jamur tumbuh dan berkembang biak

Setelah mengetahui kelebihan AC central, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya? Pikirkan sejenak mengenai kelebihan dan kelemahan AC central, serta kebutuhan Anda.