4 Cara Ampuh Membersihkan Coil Evaporator AC

Ada beberapa cara membersihkan coil evaporator AC yang mudah dan ampuh. Temukan caranya di artikel ini!
4 Cara Ampuh Membersihkan Coil Evaporator AC

Ada banyak alasan yang membuat sebuah air conditioner (AC) menjadi tidak dingin atau rusak. Salah satu alasannya yaitu coil evaporator yang kotor. Ada banyak cara membersihkan coil evaporator AC sendiri yang mudah dan ampuh.

Sebelumnya, kenapa penting untuk memperhatikan kebersihan coil evaporator AC? Hal ini karena jika evaporator kotor, maka kinerja AC akan menurun dan menyebabkan berbagai macam kerusakan.

Jangan khawatir, di artikel ini kita akan membahas mengenai cara membersihkan coil evaporator AC yang tepat dan ampuh. Apa saja itu?

Matikan AC dan Alihkan Termostat ke Kondisi "OFF"

Langkah pertama untuk membersihkan coil evaporator AC adalah dengan mematikan AC dan termostat ke kondisi "OFF". Hal ini karena sangat berbahaya jika Anda membersihkan evaporator dalam keadaan AC hidup.

Ada satu tips dalam tahap ini yaitu mematikan AC selama satu jam sebelum melakukan pembersihan evaporator. Dengan begitu AC sudah dingin dan siap untuk dibersihkan.

Lepaskan Sekrup pada Panel AC

Selanjutnya, Anda dapat melepaskan sekrup panel AC untuk menjangkau evaporator. Beberapa panel AC direkatkan menggunakan sekrup, maka dari itu Anda perlu melepaskannya.

Selain itu, terdapat beberapa panel AC yang disegel menggunakan pita aluminium foil untuk menghentikan kebocoran udara. Maka dari itu Anda perlu hati-hati untuk melepaskan panel tersebut.

Gunakan Sikat dan Kain Lembut

Anda dapat menggunakan sikat yang lembut untuk membersihkan debu dan penumpukan kotoran yang terdapat di coil evaporator. Sikat lembut ditujukan agar coil tidak tergores dan rusak.

Jika masih terdapat kotoran seperti serpihan halus, maka Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kain yang lembut. Bersihkanlah dengan menggunakan kain basah yang hangat.

Pasang Kembali Seluruh Bagian AC

Pastikan coil evaporator yang Anda bersihkan benar-benar bersih. Setelah bersih, pasang kembali seluruh bagian AC yang Anda lepas, dan AC siap untuk digunakan.

Itulah 4 cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan coil evaporator AC. Sebenarnya masih ada dua cara lagi untuk membersihkan coil evaporator AC, yaitu menggunakan udara terkompresi, serta larutan detergen dan air.