Printer Epson vs Canon, Mana yang Terbaik?

Perbandingan kelebihan dan kekurangan printer Epson vs Canon, bagus mana? Manakah yang Anda pilih? Berikut review lengkapnya!
Printer Epson vs Canon, Mana yang Terbaik?
Printer Epson vs Canon, Mana yang Terbaik?

Sobat pitnia+, apakah Anda sedang mencari printer? Jika iya, pasti tahu dong dengan printer Epson dan Canon. Nah, banyak sekali masyarakat yang bingung akan kualitas dari kedua printer ini, so kami membahas di artikel ini mengenai printer Epson vs Canon.

Printer memang banyak sekali digunakan saat ini. Mulai dari para pekerja, hingga anak-anak sekolah juga menggunakannya.

Karena permintaan yang tinggi tersebut ada banyak sekali merek printer di luaran sana. Dua di antaranya yang paling laris adalah Epson dan Canon.

Epson merupakan printer yang terdiri dari berbagai macam jenis, dan juga dapat dimanfaatkan untuk fotokopi dan scanner. Sedangkan Canon, printer yang sangat bagus dalam menghasilkan gambar.

Lantas sebenarnya manakah yang lebih bagus di antaranya keduanya? Yuk cari tahu jawabannya dan setelah itu Anda pasti tahu harus memilih yang mana!

Printer Epson

Kelebihan Printer Epson

Hasil Warna Tajam

Salah satu dari kelebihan Epson adalah hasil cetak warna yang tajam, natural, dan juga cerah. Dengan kelebihan ini, maka Epson merupakan printer yang sangat cocok untuk mencetak gambar atau foto. Bagi Anda yang berprofesi fotografer, studio foto, atau bisnis percetakan juga sangat cocok untuk printer ini.

Bagi Anda yang sedang mencari printer Epson untuk cetak foto, kami juga memiliki rekomendasinya yang dapat Anda akses di sini.

Harga Terjangkau

Kelebihan selanjutnya dari printer Epson adalah harganya yang cukup terjangkau. Apalagi jika Anda sudah menggunakan infus, sehingga tidak perlu sering-sering mengganti catridge.

Ketahanan Mesin

Jika Anda lihat di tempat perbaikan printer, maka printer Epson adalah yang paling sedikit. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan karena mesin dari printer tersebut sangatlah tahan. Bahkan lebih tahan dibandingkan dengan merek lainnya.

Catridge dari printer ini pun lebih awet karena menggunakan micropoizo dan head to head-nya menggunakan jenis piezoelektrik. Nah kepala jenis ini hanya dipakai oleh printer merek Epson saja.

Kekurangan Printer Epson

Rasanya tidak adil jika hanya membahas kelebihannya saja. Maka dari itu, di sini kami rangkum beberapa kekurangan yang bisa Anda jadikan sebagai patokan.

Lambat

Jika Anda ingin menggunakan Epson, Anda harus terima kenyataan bahwa printer satu ini lambat. Kecepatannya pun bisa sekitar 1:3 jika dibandingkan dengan printer merek lain.

Warna Hitam yang Kurang Tepat

Jika di atas kelebihan pertamanya adalah kualitas warna yang bagus, maka itu tidak berlaku untuk warna hitam putih. Terkadang, warna hitam yang dihasilkan dari printer ini berubah menjadi warna lain seperti biru atau kecokelatan.

Limbah Tinta

Para penggunanya pun juga harus menggunakan drain out  karena ketika melakukan pembersihan, printer sering menghasilkan banyak sekali tinta.

Printer Canon

Kelebihan Printer Canon

Cepat

Jika kekurangan Epson adalah lambat, hal tersebut merupakan kelebihan Canon. Misalnya saja pada Canon seri IP22770 dengan print speed black-nya 7.0 ppm dan print speed colour-nya 4.8 ppm. Jika Anda belum tahu, ppm itu merupakan singkatan print pages perminutes.

Kualitas Gambar Baik

Canon juga memiliki kualitas gambar yang baik karena menggunakan tinta asli dan tidak menggunakan sistem infus.

Komponen Bertenaga

Komponen seperti rollpaper, mainboard merupakan beberapa komponen Canon yang sangat bertenaga.

Harga Murah

Kelebihan yang juga paling pengguna sukai adalah harganya yang murah. Harga ini bahkan lebih murah daripada dengan printer lainnya. Jika Anda hanya memiliki modal yang terbatas, Canon juga memiliki seri untuk harga terjangkau tersebut. Cek rekomendasinya di sini.

Warna Hitam Putih Terbaik

Kelemahan Epson adalah foto hitam putih yang terkadang "lari", sayangnya hal tersebut tidak berlaku pada Canon. Canon dapat menyajikan tampilan warna hitam dan putih yang terbaik sehingga sangat cocok untuk foto dengan warna tersebut maupun untuk cetak dokumen.

Kekurangan Printer Canon

Warna Kurang Natural

Khusus untuk gambar manusia, warna akan terlihat lebih merah daripada seharusnya sehingga terlihat seperti kurang natural.

Colour Cartridge yang Mudah Rusak

Kekurangan selanjutnya dari printer Canon adalah catridge khusus warnanya yang mudah rusak. Terlebih pada tipe IP1200-1980 & MP/C Series karena tipe tersebut dijadikan satu antara cartridge dengan print head.

Sistem Penyerapan Limbah Tinta Kurang bagus

Karena sistem penyerapan yang kurang bagus itulah makanya sering terjadi banjir pada kertas. Hal ini tetap terjadi ketika cartridge baru maupun lama.

Kurang Cocok untuk Bisnis Percetakan

Karena warna yang dihasilkan kurang natural, makanya printer ini kurang cocok untuk bisnis percetakan. Printer ini sangat cocok untuk mencetak dokumen.

Harga Cartridge Lebih Mahal

Kekurangan ini juga harus Anda perhatikan karena harga dari cartridge Canon lebih mahal daripada merek lain seperti Epson dan juga HP.

Nah, dari penjelasan mengenai printer perbandingan kelebihan dan kekurangan dari Epson dan Canon di atas, apakah Anda sudah dapat menentukan printer mana yang akan dipilih?

Jika Anda membutuhkan printer untuk mencetak foto berwarna, printer yang terbaik untuk dipilih adalah Epson. Namun jika Anda membutuhkan printer untuk mencetak dokumen, maka printer yang terbaik adalah Canon.