Tips AC Hemat Listrik

AC hemat listrik merupakan pilihan tepat untuk Anda karena akan mengurangi biaya yang dikeluarkan setiap bulannya.
Gejolak Setelah Wisuda

Masih banyak sekali orang mengeluhkan tunjangan listrik perbulannya membengkak karena mulai menggunakan pendingin ruangan atau air conditioner (AC). Karena inilah inilah inilah maka berbagai perusahaan mulai menciptakan AC hemat listrik sehingga memecahkan permasalahan tersebut.

Kenapa penting menggunakan AC di rumah? Hal ini tentu saja ditujukan untuk menciptakan rasa nyaman saat berada di dalam rumah tersebut. Bayangkan saja saat Anda sedang libur bekerja dan ingin tidur siang, namun Anda tidak dapat menikmati tidur siang tersebut karena udara yang terlalu panas. Sungguh sangat menjengkelkan!

Tapi, AC merupakan alat elektronik yang membutuhkan energi besar, bahkan AC dapat menghabiskan 47 dari penggunaan total listrik dalam sebuah rumah. Kondisi inilah yang sering dikeluhkan oleh banyak masyarakat karena kenaikan tunjangan listrik secara drastis.

Jika Anda juga merasakan hal yang sama, maka sekarang saatnya Anda untuk beralih ke AC hemat listrik. Lantas bagaimana tips menentukan AC hemat listrik dan cocok untuk rumah?

Sesuaikan dengan Ruangan Anda

Ukuran ruangan adalah salah satu kunci untuk Anda hemat listrik. AC dengan kapasitas yang terlalu tinggi dengan ruangan yang tidak terlalu besar akan menyebabkan udara di ruangan tersebut terlalu lembap. Selain itu, daya yang keluar menjadi sia-sia.

Begitu pula sebaliknya, jika Anda memiliki ruangan yang besar namun menggunakan AC dengan ukuran dan kapasitas yang kecil, maka AC tersebut akan bekerja lebih ekstra. Hal inilah yang menggunakan energi yang sangat besar.

Pilih Tipe AC dengan Tepat

Ada tiga tipe AC yang diukur saat ini yaitu standar, watt rendah, dan inverter. Tipe standard dan low watt merupakan tipe AC yang hemat listrik. Namun ditemukan pada kinerja kompresor. AC dengan tipe watt rendah, memiliki kinerja kompresor yang lebih kecil sehingga dapat dipastikan akan lebih hemat energi dibandingkan dengan standar AC.

AC dengan tipe inverter juga merupakan tipe AC hemat listrik. Perbedaannya berada pada saat AC tersebut dijalankan. Pada tipe ini, AC akan bekerja dengan keras sejak pertama kali dinyalakan untuk mendinginkan ruangan. Sehingga dibutuhkan energi yang lebih banyak.

Namun, setelah ruangan dingin, AC secara otomatis akan menurunkan energi yang digunakannya. Dengan begitu, penggunaan energi semakin berkurang.

Lalu, tipe AC mana yang akan Anda pilih?

Perhatikan Kapasitas AC

Tips selanjutnya untuk memilih AC hemat listrik adalah memperhatikan memperhatikan kapasitas dari AC tersebut. Caranya yaitu dengan melihat nilai BTU yang tertera pada AC.

BTU merupakan nilai yang menunjukkan kemampuan AC untuk menghilangkan panas pada area tersebut. Biasanya untuk AC 1 HP maka dapat menghilangkan panas sebanyak 9.000 BTU/jam. Tapi tentu saja masih banyak AC dengan kapasitas yang lebih tinggi.

Jika AC yang Anda beli akan ditempatkan pada ruangan yang kecil, maka lebih baik untuk memilih AC dengan BTU yang lebih rendah. Sedangkan jika Anda akan menempatkan AC tersebut pada ruangan yang besar, maka pilihlah AC dengan kapasitas yang lebih tinggi.

Dengan begitu, Anda dapat menentukan listrik dan mendapatkan manfaat dari AC tersebut.

Sertifikat ENERGY STAR®

Salah satu ciri sebuah AC yang bagus adalah memiliki sertifikat ENERGY STAR ®. Sertifikat tersebut menandakan bahwa AC telah teruji memenuhi atau melebihi standar efisiensi daya yang lebih baik dibandingkan AC yang lain. Salah satu merek AC terkenal dengan sertifikat tersebut adalah AC Daikin.

Itulah 4 tips yang perlu Anda ingat ketika ingin membeli AC dengan keuntungan listrik. Tidak ada salahnya untuk mengganti AC yang selama ini telah Anda gunakan dengan AC hemat listrik. Dengan begitu, Anda akan memperhatikan masa yang akan datang.