Mengenal Lebih Jauh Teknologi AC Inverter

Teknologi AC yang terbaru adalah teknologi inverter dengan memanfaatkan kompresor AC sehingga lebih hemat energi.
Mengenal Lebih Jauh Teknologi AC Inverter

Teknologi AC yang terbaru saat ini adalah inverter. Teknologi inverter ini sering digunakan oleh peralatan rumah tangga dan ditujukan untuk mengontrol tegangan, arus, dan frekuensi listrik.

Teknologi inverter ini merupakan teknologi terbaru yang dibuat di elektro motor kompresor dan merupakan teknologi terbaik. Maksud dari teknologi terbaik adalah teknologi ini mampu untuk mengurangi konsumsi listrik sehingga tagihan listrik yang dihasilkan akan lebih kecil.

Walaupun membutuhkan energi yang lebih rendah, namun kecepatan dari AC inverter ini relatif lebih tinggi dibandingkan dengan AC lainnya.

Cara Kerja AC Inverter

Cara kerja AC inverter dan non inverter sama, yang membedakannya adalah kompresor AC inverter yang tidak akan mati. Sesuai dengan tugas utamanya yaitu mengontrol kecepatan motor kompresor sehingga AC akan konstan untuk mengatur suhu ruangan.

Inverter akan mengubah arus AC untuk menghasilkan arus dengan frekuensi yang diinginkan. Selanjutnya, mikrokontroler mengambil sampel suhu untuk menyesuaikannya dengan kecepatan kompresor.

Berbeda dengan AC non-inverter yang hanya memiliki kapasitas pendingin atau pemanas dan hanya dapat mengatur suhu ruangan saat kompresor dinyalakan.

Keuntungan AC Inverter

Ada beberapa keuntungan AC inverter yang dapat Anda rasakan yaitu:

  • Konsumsi listrik yang lebih sedikit dibandingkan dengan AC biasanya.

    Teknologi inverter memiliki pendingin dan pemanas yang otomatis sehingga mampu menyesuaikan daya yang dibutuhkan dengan suhu ruangan. Dengan begitu, penggunaan energi akan lebih sedikit sehingga tagihan listrik yang Anda bayar juga akan berkurang.
  • AC inverter juga menghasilkan suara yang lebih sedikit dibandingkan AC lainnya sehingga tidak akan mengganggu penggunanya.

    Hal tersebut dikarenakan kompresor yang ada di dalam unit terus bekerja sehingga dalam pengoperasiannya tidak menimbulkan suara yang mengganggu.
  • AC inverter dapat mempertahankan suhu ruangan tergantung dengan pengaturan termostat.

    Keuntungan tersebut karena kompresor AC inverter dapat bekerja dengan kecepatan penuh sepanjang waktu tanpa perlu untuk memulai dan mematikan kompresor.
  • Teknologi inverter dapat bekerja dengan kecepatan yang sangat tinggi.

    Walaupun kelebihan dari AC inverter perlu diacungi jempol, namun untuk harga AC ini cukup tinggi dibandingkan dengan harga AC pada umumnya. Jadi saat Anda memutuskan untuk menggunakan AC inverter, Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak di awal namun akan menghemat lebih banyak uang pada saat pengoperasian.