Cara Mengatasi AC Sering Mati Sendiri

Berikut empat hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi AC sering mati sebelum memanggil tenaga profesional.
Cara Mengatasi AC Sering Mati Sendiri

Apakah air conditioner (AC) yang Anda miliki sering mati sendiri? Apakah Anda tahu apa penyebab AC sering mati sendiri?

Saat panas melanda, tentu saja Anda akan mengandalkan AC untuk menghasilkan udara yang dingin pada ruangan tersebut. Namun jika AC yang Anda miliki mati sendiri bahkan kurang dari 15 menit, maka akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Biasanya keadaan AC seperti itu terjadi pada AC split. Jika sudah terjadi maka masyarakat akan langsung menghubungi tenaga profesional untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebenarnya kamu bisa mengatasinya sendiri lho! Bagaimana caranya?

Berikut empat hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi AC sering mati sebelum memanggil tenaga profesional:

Periksa Termostat

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memeriksa termostat. Walaupun terdengar klise, namun hal tersebut penting untuk Anda lakukan.

Anda perlu memeriksa kembali termostat yang ada sebelum menentukan bahwa AC tersebut rusak. Coba untuk mereset suhu yang lebih rendah pada termostat dan perhatikan apakah AC tersebut dapat menyala lebih lama.

Periksa Pengaturan Waktu

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi AC yang sering mati adalah dengan memeriksa pengaturan waktu. Walaupun Anda tidak merasa mengganti pengaturan waktunya, tidak ada salahnya untuk memeriksa.

Bisa saja pengaturan waktulah yang bermasalah sehingga AC Anda mati dengan cepat.

Perhatikan Lokasi Termostat

Lucu memang jika memperhatikan posisi termostat. Termostat ditujukan untuk mengatur suhu yang ada di ruangan.

Jika lokasi termostat Anda jauh dari jendela, dekat dari ventilasi AC, atau berada di sisi rumah yang teduh, maka dapat menjadi masalah bagi Anda. Kalau seperti itu, maka langkah yang tepat adalah dengan memindahkan termostat tersebut.

Perhatikan Thermise Otomatis

Penyebab umum AC sering mati adalah massa thermis otomatis yang sudah rusak atau habis. Jika thermise otomatis merupakan penyebab dari keadaan AC Anda, maka biasanya AC tidak dapat diatur melalui remot.

Cara mengatasinya yaitu dengan menjauhkan thermis dari evaporator indoor. Selain itu, Anda juga dapat mengganti thermise tersebut sehingga AC akan bekerja dengan normal kembali.

Itulah empat cara yang perlu Anda perhatikan untuk mengatasi AC sering mati sebelum memanggil tenaga profesional.