Saluran Pembuangan AC Tersumbat? Lakukan Ini untuk Mengatasinya

Bagian AC yang perlu diperhatikan adalah saluran pembuangan karena saluran pembuangan AC dapat tersumbat dan menimbulkan masalah.
Saluran Pembuangan AC Tersumbat? Lakukan Langkah Berikut untuk Mengatasinya

Saluran pembuangan AC yang tersumbat merupakan kabar buruk dan dapat menimbulkan berbagai permasalahan. Berbagai permasalahan yang dapat muncul yaitu AC tidak dapat beroperasi, hingga kebocoran dan kerusakan yang lebih besar lagi.

Demi mengantisipasi hal tersebut, maka saat ini sudah ada AC yang dilengkapi dengan sensor untuk memberitahu Anda bagaimana kondisi saluran pembuangan. Sensor tersebut akan memberitahu Anda apakah saluran pembuangan penuh dengan kotoran dan tersumbat atau tidak.

Tanda Saluran Pembuangan AC Tersumbat

Lalu bagaimana dengan AC tanpa sensor? Ada dua tanda umum yang dapat Anda perhatikan untuk mengetahui apakah saluran pembuangan tersumbat atau tidak, yaitu:

  • AC tidak dapat hidup dan beroperasi
  • Terdapat kebocoran pada saluran pembuangan

Cara Mengatasi Saluran Pembuangan AC Tersumbat

Saat saluran AC sudah tersumbat, maka hal yang harus dilakukan adalah mengatasinya. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, dan tentunya ampuh untuk membersihkan saluran pembuangan AC:

  1. Matikan AC Anda sebelum dibersihkan.
  2. Temukan saluran pembuangan AC. Saluran pembuangan AC biasanya terletak di luar, dekat kondensor.
  3. Jika terlihat ada sumbatan di ujung saluran pembuangan, Anda dapat menggunakan sikat untuk mengeluarkannya.
  4. Jika terdapat genangan air pada saluran pembuangan, maka Anda dapat menggunakan penyedot debu. Rekatkan penyedot debu dengan ujung saluran pembuangan, dan sedot seluruh kotoran. Dengan begitu, saluran pembuangan Anda tidak akan tersumbat lagi.
  5. Setelah Anda menyedot debu dan kotoran, maka lepaskan penyedot debu. Lihat pada penyedot tersebut, apakah kotoran dan debu yang tersumbat dapat dihilangkan atau tidak.
  6. Selanjutnya, Anda harus menemukan ventilasi saluran pembuangan. Ventilasi ini dapat berbentuk T dengan penutup PVC. Bukalah penutup dan periksa ventilasi tersebut.
  7. Gunakan sikat lurus yang sebelumnya untuk melihat apakah sumbatan pada ventilasi dapat terjangkau atau tidak. Setelah itu, kenakan sarung tangan dan gunakan larutan peroksida untuk mengangkat kotoran.
  8. Biarkan larutan tersebut selama 30 menit di dalam ventilasi. Setelah itu siram dengan air yang mengalir.
  9. Jangan lupa untuk meletakkan ember pada bagian ujung saluran pembuangan untuk melihat apakah saluran masih tersumbat atau tidak. Jika terdapat air yang mengalir, maka Anda telah menyelesaikan pembersihan saluran pembuangan.

Langkah di atas dapat Anda gunakan saat saluran pembuangan AC tersumbat maupun saat membersihkan AC secara rutin. Jika langkah di atas tidak berhasil, maka Anda perlu untuk menghubungi tenaga profesional, karena mungkin terdapat sesuatu hal yang salah pada AC Anda.