5 Cara Mengurangi Dampak Negatif AC Terhadap Lingkungan

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk tetap dapat menggunakan AC namun juga menjaganya agar tidak merusak lingkungan.
5 Cara Mengurangi Dampak Negatif AC Terhadap Lingkungan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa AC yang ada di sekitar kita memiliki dampak negatif terhadap lingkungan. Salah satu dampak negatif AC yang nyata adalah menyumbang penipisan lapisan ozon.

Hal tersebut dikarenakan gas yang digunakan untuk sistem pendingin. Gas tersebut adalah klorofluorokarbon atau CFC. CFC inilah yang menyebabkan penipisan lapisan ozon serta juga berbahaya bagi manusia.

Gas tersebut sudah tidak diperkenankan lagi untuk digunakan, sehingga AC terbaru saat ini sudah lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan AC dahulu.

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk tetap dapat menggunakan AC namun juga menjaganya agar tidak merusak lingkungan. Apa saja cara tersebut?

Periksa Desain Sistem AC

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi dampak negatif dari AC adalah dengan memeriksa sistem AC tersebut.

Anda dapat memeriksa secara berkala seluruh sistem pada AC dan menjaganya sehingga dapat berjalan secara efisien. Jika Anda menemukan suatu permasalahan pada sistem dan butuh untuk diperbaiki, Anda tidak perlu untuk berpikir dua kali.

Dengan memperbaiki bagian tersebut, maka akan membuat AC dapat bekerja dengan efisien dan tidak membutuhkan banyak energi, sehingga Anda sekaligus ikut andil dalam menjaga lingkungan.

Walaupun tidak terlihat, namun hal tersebut pasti berpengaruh hingga masa yang akan datang.

Perbarui AC Anda

Sesuai dengan yang dijelaskan di atas, AC dengan tipe terbaru cenderung tidak menggunakan gas yang berbahaya sehingga lebih bersih dan hemat energi. Jika AC yang Anda miliki sekarang sudah lama dan menggunakan sistem yang lama, maka lebih baik untuk menggantinya.

Biaya yang dikeluarkan di awal mungkin memang besar, namun pilihan Anda tersebut dapat mengurangi dampak negatif AC terhadap lingkungan serta dapat mengurangi tagihan listrik setiap bulannya.

Atur Rumah Anda Lebih Nyaman

Anda dapat mengurangi dampak negatif AC dengan mengurangi penggunaan AC itu sendiri. Caranya yaitu jika Anda memiliki halaman, maka sediakan pohon besar yang dapat memberikan rasa teduh dan menghalangi angin yang bertiup terlalu kencang.

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan dinding batu atau tanaman yang ramah serangga sehingga menimbulkan kesan sejuk dan nyaman pada ruangan.

Lakukan Perawatan Secara Rutin

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan yaitu dengan melakukan perawatan pada AC secara rutin. Perawatan bukan berarti Anda harus menggunakan jasa tenaga profesional. Anda dapat melakukan perawatan sendiri seperti membersihkan filter udara yang kotor.

Letakkan AC di Tempat Daur Ulang

Kebanyakan masyarakat mencampakkan barang-barang yang tidak digunakannya di tempat sampah. Hal tersebut salah bijak, terlebih dahulu saat Anda mencabut AC yang sudah tidak terpakai.

Lebih baik untuk membawanya ke tempat daur ulang sehingga gas pendingin yang berbahaya bagi lingkungan dapat dibuang dengan benar.

5 langkah di atas dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mencegah dampak negatif dari AC. Lakukanlah dengan tepat karena lingkungan yang bersih dan sehat juga dapat menguntungkan bagi hidup Anda!