Menjalankan AC Tanpa Filter? Ini 2 Masalah Utama yang Akan Terjadi

Terdapat dua permasalahan utama yang akan terjadi jika menjalankan AC tanpa filter. Dua permasalahan tersebut dapat Anda temukan di sini!
Menjalankan AC Tanpa Filter? Ini 2 Masalah Utama yang Akan Terjadi

Apa yang akan terjadi jika menjalankan AC tanpa filter?

Mungkin pertanyaan tersebut pernah terlintas di benak Anda. Bisa saat membersihkan AC atau mengganti filter AC tersebut.

Filter udara pada AC memiliki dua tugas utama yaitu untuk membersihkan udara rumah Anda dan menjaga bagian-bagian AC dari debu dan kotoran. Tentu jika filter tersebut tidak ada, maka dua keuntungan di atas dapat berubah menjadi dua masalah utama.

Sebenarnya, AC tetap dapat dijalankan jika tidak menggunakan filter untuk beberapa saat dan tidak akan merusak sistem AC tersebut. Namun AC tidak akan berjalan dengan baik.

Selain itu, jika Anda menjalankan AC tanpa filter dalam jangka waktu yang lama, maka beberapa permasalahan berikut akan muncul di kemudian hari:

Kualitas Udara Ruangan yang Buruk

Tugas utama filter udara adalah untuk membersihkan udara. Jika tidak ada filter, maka kualitas udara akan buruk. Lebih buruk lagi, kualitas udara yang buruk dapat berpengaruh terhadap kesehatan.

Kualitas udara yang buruk dapat menyebabkan permasalahan kesehatan sebagai berikut:

  • Gejala mirip flu
  • Iritasi hidung dan tenggorokan
  • Mata gatal dan berair
  • Meningkatkan risiko asma
  • Berbagai penyakit pernapasan lainnya

Kumparan Evaporator Beku

Saat Anda menjalankan AC tanpa filter, maka debu-debu yang ada di ruangan akan masuk dan mengendap di bagian sistem, yaitu kumparan evaporator. Kumparan tersebut berisi zat pendingin, zat yang dapat menyerap udara panas dari ruangan.

Jika tidak ada filter dalam AC, maka debu dan kotoran akan masuk ke evaporator dan menyebabkan kumparan evaporator tersebut membeku.

Jika evaporator membeku, maka beberapa permasalahan yang akan terjadi:

Menggunakan Energi lebih Banyak

Saat evaporator tidak dapat menangkap udara panas dari ruangan dengan baik, maka evaporator akan bekerja lebih keras dan lama untuk dapat menyerap udara tersebut. Semakin lama evaporator bekerja, maka semakin banyak pula energi yang dibutuhkan.

Kompresor Rusak

Jika kumparan evaporator Anda beku, maka akan mempengaruhi bagian AC lainnya, termasuk kompresor. Kompresor dapat dikatakan sebagai jantungnya AC, maka saat kompresor rusak, AC tersebut tidak dapat beroperasi lagi.

Udara Panas yang Keluar dari AC

Kumparan evaporator yang beku maka tidak dapat menyerap udara panas dengan baik. Maka udara panas akan tetap berada di ruangan tersebut. Selain itu, AC tidak dapat memberikan udara dingin karena kompresor yang rusak. Sehingga, udara panas yang akan keluar dari AC dan menambahkan panas pada ruangan tersebut.