Apa itu ERP dan Kenapa Penting Menggunakannya?

ERP merupakan sebuah software yang digunakan untuk membantu kegiatan bisnis pada berbagai bidang. Cari tahu lebih lanjut mengenai ERP di sini.
Apa itu ERP dan Kenapa Penting Menggunakannya?

Apakah Anda sedang bingung dan mencari informasi mengenai Enterprise Resource Planning (ERP)? Jika iya tentunya Anda berkunjung ke halaman yang tepat, karena pada artikel ini kami akan membahas secara detail mengenai ERP itu sendiri.

Tentunya bagi sobat industri di sini sering mendengar istilah ERP. ERP berguna untuk perusahaan, berguna untuk UMKM dan masih banyak lagi. Sebenarnya perkataan tersebut benar karena sistem satu ini memang sangat berguna bagi sebuah usaha.

Bahkan jika dahulu hanya perusahaan besar saja yang menggunakannya, sekarang bisnis kecil pun juga menggunakannya. Apakah Anda juga ingin menggunakannya? Sebelum benar-benar memilih software terbaik, yuk simak penjelasan mengenai ERP di bawah ini!

Pengertian ERP

Pertama, mari kita bahas mengenai pengertian dari ERP itu.

Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang digunakan untuk membantu dalam mengelola aktivitas bisnis. Aktivitas tersebut seperti aktivitas keuangan, pengadaan, manajemen proyek, risiko, hingga rantai pasok.

Nah, sistem satu ini memang dirancang untuk membantu dalam seluruh kegiatan bisnis. Mulai dari perencanaan, penganggaran biaya, prediksi masa depan, hingga pelaporan biaya yang terpakai pada kurun waktu tertentu.

Data-data tersebut akan masuk secara berkala dalam sebuah sistem dan siapapun yang ada pada sistem tersebut dapat melihat data yang ada. Misalnya Anda merupakan manajer persediaan, Anda bisa melihat berapa jumlah setiap item yang ada pada gudang.

Selain melihat dan menganalisis data tersebut, Anda juga bisa untuk mengamati dan menganalisis data dari bidang lain. Seperti misalnya pemasaran. Dengan begitu, perusahaan akan terorganisir dengan baik karena seluruh data berada pada satu tempat.

Nah, apakah Anda sudah cukup mengenai mengenai penjelasan mengenai ERP? Jika sudah, mari kita bahas sejarah perangkat lunak ini.

Sejarah Adanya Sistem ERP

Tentunya setiap hal yang ada di dunia ini memiliki sejarah bukan? Termasuk juga perangkat lunak ERP ini.

Tahun 1913

Diketahui bahwa istilah ERP mulai ada pada tahun 1990 dan diciptakan oleh Gartner Group. Namun sebenarnya, sistem perangkat lunak ini sudah ada sejak tahun 1913. Dimanakah Anda pada tahun tersebut?

Pada tahun 1913, insinyur Ford Whitman Harris mengembangkan sistem economic order quantity (EOQ). Sistem ini tentu saja masih dibuat di atas selembar kerja dan ditujukan untuk penjadwalan produksi.

Tahun 1960-an

Pada tahun 1960-an, muncullah sebuah istilah Material Requirements Planning (MRP). Dalam Bahasa Indonesia, arti dari istilah tersebut adalah sistem perencanaan kebutuhan material.

Sesuai dengan namanya, sistem tersebut berkaitan dengan kebutuhan material dalam suatu usaha. Seperti merencanakan jadwal produksi, memastikan persediaan material cukup untuk kegiatan produksi, hingga melacak inventaris yang telah selesai.

Sistem ini tentunya sangat berguna sekali bagi perusahaan karena kebutuhan material diketahui dengan pasti, sehingga tidak ada penundaan kegiatan produksi karena material yang habis.

Tahun 1980-an

Sistem MRP semakin lama semakin berkembang dan menjadi standar dalam manufaktur. Pada tahun 1980-an, sistem ini mencakup lebih banyak kegiatan manufaktur, sehingga namanya berganti menjadi MRP II.

Sistem yang baru ini mampu menampilkan modul sebagai bagian dari komponen perangkat lunak utama. Sedangkan pada komponen manufaktur, fitur-fitur yang ada seperti pembelian, tagihan bahan, penjadwalan, serta manajemen kontrak.

Pada sistem ini, seluruh kegiatan yang berbeda tersebut diintegrasikan ke dalam satu sistem yang sama. Tentu saja dari perubahan tersebut tujuannya adalah untuk menyatukan seluruh data sehingga setiap bidang dapat bekerja dengan lebih baik.

Tahun 1990

Sejak tahun 1980, sistem MRP semakin banyak memiliki fitur yang sangat berguna bagi perusahaan. Akhirnya pada tahun 1990, muncullah sebuah istilah yaitu ERP.

Dari yang awalnya hanya sekedar coretan pada kertas, sekarang sistem tersebut sudah tersedia dalam bentuk aplikasi. ERP merupakan wadah untuk manajemen yang lebih terpadu dan menyatukan bagian seluruh bisnis.

Tahun 1998

Eits, bukan berarti ERP berhenti berkembang pada tahun 1990 ya. Pada tahun 1998, berkembang menjadi ERP cloud. Sistem ini merupakan sistem pembaharuan yang menawarkan kemudahan dalam penggunaannya.

Bagi perusahaan yang menggunakan sistem cloud ini, tidak perlu untuk mempekerjakan orang IT karena pemilik sendiri pun mampu menggunakannya. Karena kemudahan ini maka harga dari ERP cloud pun cenderung lebih mahal daripada sistem ERP yang biasanya.

Alasan Perusahaan Menggunakan ERP

Jika Anda bertanya kenapa perusahaan menggunakan software ERP, jawabannya sederhana, membantu bisnis.

Ya, itu adalah jawaban sederhana dan tentunya alasan utama kenapa perusahaan menggunakan perangkat lunak tersebut. Sejak dahulu tidak ada orang atau perusahaan yang ingin bekerja secara ribet.

Setiap orang tentunya ingin kemudahan-kemudahan, sehingga terjadi perkembangan-perkembangan. Pengembangan itu yang dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mendapatkan kemudahan dalam mengatur sebuah bisnis.

Bayangkan ketika Anda memiliki sebuah usaha berskala internasional dan memiliki cabang di banyak negara. Apakah setiap hari Anda akan mengunjungi cabang tersebut untuk mengatur bisnis pada cabang itu?

Tentu tidak ya. Karena selain menghabiskan banyak waktu, cara tersebut juga menghabiskan banyak uang. Sehingga tidak efektif dan efisien. Makanya, perusahaan menggunakan sistem ERP ini untuk membantu dalam mengatur bisnisnya.

Dengan menggunakan perangkat lunak tersebut, para eksekutif dalam setiap usaha dapat fokus pada hasil dengan melihat informasi pada sistem tersebut. Informasi-informasi inilah yang akan menjadi landasan utama dalam pengambilan keputusan untuk menjalankan sebuah usaha.

Keuntungan Menggunakan ERP

Selain alasan di atas, pastinya masih banyak lagi alasan mengapa perusahaan menggunakan software ERP. Alasan tersebut terkait dengan keuntungannya, yaitu:

Akses Data dari Mana Saja

Keuntungan pertama adalah data dapat diakses dari mana saja. Seperti penjelasan di atas, seorang pemilik bisnis skala Internasional akan kerepotan jika harus pergi dari satu cabang ke cabang lain hanya untuk mengontrol bisnisnya.

Software ERP ini akan membantu pemilik bisnis untuk tetap bisa mengontrol setiap kegiatan dari tempatnya. Selain itu, para karyawan yang membutuhkan sebuah data tidak perlu untuk mengacak-acak tumpukan kertas, karena semua sudah ada pada satu sistem.

Contohnya adalah manajer gudang dapat melihat kondisi gudang melalui perangkat seluler ketika ia sedang berada di toko. Contoh lainnya adalah staf penjualan dapat memeriksa inventaris ketika mereka berada di lokasi pelanggan.

Informasi Terbaru

Karena kegiatan bisnis setiap bidang berbeda, maka data yang ada haruslah terbaru untuk mendapatkan informasi yang tepat. Seperti misalnya ketika terdapat pembayaran atau pengiriman produk ke konsumen, hal-hal seperti ini akan tercatat pada sistem.

Keputusan Bisnis Diperoleh dari Data yang Sama

Dengan database umum, setiap keputusan yang ada pada perusahaan didasarkan oleh data yang sama. Tidak ada sumber data yang berbeda atau duplikat sehingga perusahaan dapat dengan mudah menyelaraskan keputusan dengan tujuannya.

Usaha yang Menggunakan ERP

Setelah mengetahui apa saja alasan perusahaan besar atau kecil menggunakan ERP, lalu sebenarnya jenis usaha seperti apa yang menggunakan sistem ini?

Nah, pengguna dari sistem ERP ini merupakan pemilik usaha dari berbagai macam jenis dan skala. Tidak hanya besar namun juga kecil. Beberapa usaha yang menggunakan ERP adalah:

  • Periklanan, media digital, dan penerbitan
  • Retail, grosiran
  • Layanan keuangan
  • Pendudukan
  • Konsultan
  • Kesehatan dan kecantikan
  • Layanan IT
  • Manufaktur
  • Restoran dan hotel
  • Transportasi dan logistik
  • Nirlaba

So, itu apakah Anda sudah cukup mengerti mengenai apa itu ERP dan alasan mengapa banyak perusahaan menggunakannya? Jika sudah, Anda perlu segera untuk menggunakan perangkat lunak ini demi membantu dalam pengelolaan bisnis.

Kami dapat membantu Anda untuk bisa menggunakan ERP ini. Kami akan membantu Anda untuk menerapkan sistem ERP yang sangat mudah seperti implementasi Odoo ERP. Odoo ERP merupakan sistem yang sangat ramah bagi pengguna baru, dan kami yakin akan cocok dengan Anda. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.