Apa itu Odoo dan Apa yang Membuatnya Menjadi Terbaik?

Sebelum benar-benar menggunakannya, perlu untuk mengetahui apa itu Odoo dan kelebihannya. Ketahui seluruh hal mengenai Odoo di sini.
Apa itu Odoo dan Apa yang Membuatnya Menjadi Terbaik?

Anda yang datang ke halaman ini tentunya ingin mencari tahu lebih jauh mengenai Odoo kan? Mulai dari apa itu Odoo, apa saja kelebihannya yang dapat menjadikan provider ini terbaik.

Anda datang ke halaman yang tepat, karena sesuai judulnya kami akan membawa Anda untuk berkenalan lebih dekat dengan Odoo. Pastinya setelah membaca artikel ini, Anda akan mengetahui apa itu Odoo dan apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakannya.

Tunggu apalagi, lets go!

Pengertian Provider Odoo

Apa itu Odoo dan Apa yang Membuatnya Menjadi Terbaik?

Menurut pengertian dari Wikipedia, Odoo merupakan sebuah perangkat lunak yang berisi bagian-bagian penting dalam perusahaan. Bagian tersebut seperti manajemen bisnis, CRM, akuntansi, manufaktur, gudang, manajemen proyek, serta manajemen inventaris.

Dari penjelasan di atas tentu kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Odoo adalah sebuah provider yang menyediakan layanan untuk membantu perusahaan. Layanan tersebut menerapkan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) dengan mengelola berbagai macam bidang dalam satu aplikasi.

Sebelum membahas lebih jauh nih, apakah Anda tahu apa itu ERP?

ERP sendiri merupakan sebuah sistem yang dirancang khusus untuk sebuah perusahaan, dimana rancangan tersebut meliputi dari keseluruhan bagian perusahaan. Mulai dari berhubungan dengan kebijakan perusahaan, karyawan, pelanggan, hingga inventaris.

ERP ini menjadi sebuah sistem sebagai tempat untuk menyimpan seluruh data perusahaan dalam satu tempat. Data tersebut akan terus update ketika terjadi kegiatan seperti transaksi penjualan.

Jadi, Odoo merupakan sebuah provider yang menyediakan layanan sistem ERP untuk perusahaan. Layanan ini dapat berguna mulai dari skala kecil hingga besar.

Apakah Anda sudah cukup mengerti mengenai hubungan antara Odoo dan ERP? Tentunya sudah ya.

Odoo sendiri memiliki tiga solusi bisnis yang bisa Anda manfaatkan, yaitu:

Odoo Enterprise

Jenis pertama ini merupakan sebuah aplikasi bisnis yang dapat perusahaan instal langsung pada hardware mereka. Cukup dengan bayar lisensi kepada Odoo, pihak perusahaan dapat langsung menggunakannya.

Odoo Online Saas

Jenis kedua adalah sebuah aplikasi yang dapat perusahaan gunakan dengan hanya membayar lisensi kepada perusahaan penyedia. Server yang ada pun sudah akan langsung tersedia pada cloud server.

Odoo Community

Jenis ketiga ini merupakan jenis yang menarik karena pengguna tidak perlu membayar sedikit pun terkait dengan akses. Selain itu, aplikasi ini juga dapat langsung diinstal di hardware mana saja, serta dapat dilakukan kustomisasi sesuai dengan keinginan.

Sejarah Terbentuknya Odoo

Pendiri dari perusahaan ini adalah Fabien Pinckaers dan dirinya mulai mengembangkan aplikasi ini pada tahun 2005. Dirinya menerapkan sistem ERP dan pada tahun tersebut, nama yang digunakan adalah TinyERP.

Namun tiga tahun setelahnya aplikasi tersebut berganti nama menjadi OpenERP. Setelah melewati kurang lebih dua tahun beroperasi, sistem ERP ini tumbuh dengan cepat di pasar. Bahkan pada waktu itu, OpenERP memiliki 100 lebih karyawan.

Karena kemampuan untuk membantu banyak perusahaan ini, maka pada tahun 2013 OpenERP mendapatkan penghargaan Deloitte. Penghargaan tersebut diberikan karena OpenERP merupakan perusahaan dengan pertumbuhan paling cepat di Belgia.

Tidak sampai di situ saja, pertumbuhan tersebut bahkan mencari angka 1.549 persen dalam kurun waktu lima tahun. Hebat bukan?

Satu tahun setelah mendapatkan penghargaan tersebut tepatnya tahun 2014, pihak perusahaan sepakat untuk mengganti nama menjadi Odoo. Nama ini diambil dari istilah ERP tersebut, dan perusahaan ingin mendiversifikasi bahwa dirinya memanglah perusahaan ERP.

Hingga saat ini, perangkat lunak tersebut sudah digunakan sekitar 5 juta pengguna dan angka ini bisa saja akan terus bertambah. Terdapat pula 16.000 lebih anggota aktif yang berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan dari berbagai macam kebutuhan bisnis.

Kelebihan Odoo yang Membuatnya Menjadi Provider Terbaik

Apa itu Odoo dan Apa yang Membuatnya Menjadi Terbaik?

Bagian ini sangat penting untuk Anda simak karena Anda akan menggunakan Odoo. Sebelum menggunakannya, tentu Anda perlu mengetahui apa saja kelebihan dari provider tersebut, dan kenapa menjadi terbaik.

Integrasi Beberapa Modul

Kelebihan pertama dari perangkat lunak ini adalah kemampuan integrasi beberapa modul. Sejak awal peluncurannya, Odoo ini menawarkan lebih dari 35 modul. Tentunya modul tersebut dapat pengguna pilih sesuai dengan kebutuhan.

Sejak awal saja sudah mampu melakukan hal tersebut, maka wajar bukan jika hal itu menjadi kelebihan pertamanya? Bahkan dari kelebihan ini banyak perusahaan baik kecil maupun besar menggunakan layanan dari Odoo tersebut.

Dukungan Pelanggan

Kelebihan selanjutnya yang sangat membedakan antara Odoo dengan layanan lain adalah dukungan pelanggan. Dalam hal ini, provider asal Belgia patut diacungi jempol karena dapat menyediakan fitur untuk pelanggan.

Fitur-fitur tersebut bekerja untuk membantu dalam menawarkan produk kepada pelanggan dan juga mendekati pelanggan. Kalau dalam bahasa gaul sekarang ya berarti bangun chemistry lah gitu.

Salah satu hal yang dapat pengguna gunakan sebagai patokan untuk dukungan pelanggan yang baik ini adalah kemampuan pendekatan kepada pelanggan. Jika hal itu dapat terjadi, maka sudah dapat dipastikan bahwa provider tersebut memiliki dukungan pelanggan yang baik.

Tentunya kelebihan ini akan Anda dapatkan ketika Anda membayar untuk mendapatkan akses tersebut. Ada banyak sekali pengembang Odoo yang terkenal dan juga membeli pelayanan terbaik seperti pelayanan 24/7. Salah satunya adalah kami.

Terdapat Layanan Tanpa Biaya Lisensi

Hayo ngaku siapa di sini yang suka gratisan? Tentunya Anda juga termasuk ya!

Nah, provider ini juga menyediakan layanan tanpa biaya lisensi dan itu bernama Odoo Community.

Pada layanan ini, pengguna dapat menggunakan sistem untuk membantu dalam operasi perusahaan. Layanan ini juga sangat membantu bagi perusahaan kecil yang sedang meniti karir karena anggaran dapat fokus untuk implementasi dan kebutuhan lain.

Kurang baik apalagi provider satu ini?

Dapat Disesuaikan

Kelebihan selanjutnya adalah aplikasi ini dapat pengguna sesuaikan dengan kebutuhan. Baik dari modulnya, fiturnya, hingga penggunaannya.

Hal ini tentunya merupakan kelebihan yang sangat penting karena setiap jenis usaha memiliki kebutuhan masing-masing. Karena hal inilah maka tim perancang Odoo berusaha untuk menyediakan layanan kustomisasi, demi mendukung kebutuhan dari penggunanya.

Teknologi Terbaru

Kita sekarang hidup di masa teknologi akan semakin berkembang. Contohnya adalah dahulu yang memiliki ponsel pribadi hanya orang-orang tertentu. Namun sekarang bahkan anak kecil yang belum sekolah pun sudah memiliki ponsel pribadi.

Begitu pula dengan komputer. Dahulu orang membuat berkas menggunakan tulisan tangan dan juga mesin ketik yang memiliki peluang salah tinggi. Namun sekarang sudah terdapat pembaharuan teknologi, mulai dari komputer laptop hingga masyarakat pun dapat bekerja dari ponsel pintarnya.

Konsep inilah yang selalu dikedepankan oleh Odoo. Mereka berusaha untuk menyediakan layanan yang terus baru dan mengikuti perkembangan teknologi. Dengan pembaharuan tersebut diharapkan bahwa pengguna akan terbantu dalam menggunakannya.

Kita sudah berada di akhir pembahasan nih. Apakah Anda cukup mengerti mengenai apa itu Odoo dan kelebihannya? Tentu saja sudah ya. Silahkan langsung Hubungi Kami untuk implementasi Odoo ERP dan segera rasakan manfaatnya!