5 Rekomendasi Software ERP Terbaik Tahun 2021

Apakah Anda sedang bingung memilih software ERP terbaik? Berikut 5 rekomendasi software ERP terbaik tahun 2021 yang cocok untuk perusahaan Anda.
5 Rekomendasi Software ERP Terbaik Tahun 2021

Apakah Anda sedang mencari merek software ERP terbaik? Jika iya, Anda berkunjung ke artikel yang tepat karena kami di sini akan memberitahu Anda 10 software ERP terbaik.

Tentunya Anda sudah mengetahui bukan apa itu ERP? Enterprise Resource Planning (ERP) perangkat lunak merupakan alat yang biasa digunakan pada sebuah perusahaan. Perangkat lunak tersebut untuk mengelola operasi keuangan, sumber daya manusia, penjualan, pemasaran, manufaktur, hingga rantai pasok.

Semua hal tersebut merupakan fitur dari ERP. Selain beberapa bagian di atas, beberapa software ERP memiliki tambahan fitur. Lalu beberapa di antaranya juga khusus untuk industri tertentu seperti manufaktur dan teknologi.

Odoo ERP

5 Rekomendasi Software ERP Terbaik Tahun 2021

Merek Software ERP terbaik pertama yang kami sarankan untuk Anda adalah Odoo ERP. Merek satu ini merupakan sebuah merek yang terkenal dan memiliki banyak sekali fitur.

Beberapa di antaranya adalah CRM, point of sale, inventaris, akuntansi, serta manajemen proyek.

Kelebihan Odoo ERP

Mampu untuk Mengelola Berbagai Jenis Operasi dalam Bisnis

Seperti penjelasan di atas, Odoo ERP ini memiliki banyak sekali fitur. Fitur-fitur tersebut terintegrasi satu sama lain sehingga dapat bekerja dengan maksimal.

Memiliki Fitur Canggih yang Sangat Bermanfaat

Ada 1000 modul yang terdapat pada perangkat tersebut, dan Anda sebagai pengguna dapat dengan bebas menambahkannya sesuai dengan kebutuhan.

Dukungan Pelanggan yang Baik

Salah satu cara untuk melihat sebuah software memiliki dukungan pelanggan yang baik atau buruk adalah dari cara pendekatan dengan pelanggan. Merk satu ini menawarkan layanan pelanggan melalui banyak sumber dan tentunya mudah untuk didekati.

Bagi Anda yang ingin menggunakan Odoo, Anda akan memiliki akses mudah untuk perbaikan bug dan dukungan pada hari kerja. Ada banyak sekali pengembang Odoo yang terkenal dan menawarkan layanan 24/7 untuk membantu pelanggannya, salah satu kami.

Fitur yang Dapat Disesuaikan

Sebagian besar merek ERP hampir tidak memiliki bagian bagi pengguna untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhannya. Namun hal ini tidak berlaku pada Odoo. Karena Odoo memiliki bantuan aplikasi dan tema yang canggih.

Dari bantuan tersebut, para pengguna dapat dengan mudah membuat perubahan pada sistem, dan pastinya tidak memerlukan upaya yang ekstra. Karena hal tersebut sangatlah mudah, dan ini merupakan salah satu kelebihan Odoo yang sangat disukai oleh penggunanya.

Tidak Ada Label Harga yang Tetap

Kelebihan lain dari Odoo ini adalah tidak adanya ketentuan harga yang tetap. Ketika Anda mencari merek software ERP, maka Anda melihat bahwa harga ERP tersebut cukup mahal bukan?

Sistem harga tersebut tidak berlaku bagi Odoo. Karena ketika Anda memiliki e-niaga dan menginginkan Odoo, Anda hanya perlu membeli modul e-niaganya saja. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan hal ini melalui skema bayar per penggunaan.

Kekurangan Odoo ERP

Ada kelebihan tentu ada kekurangan bukan? Begitu pula dengan software Odoo ini.

Dukungan Pelanggan yang Terbatas

Walaupun dukungan pelanggan sangat mudah dan memiliki banyak modul, namun dukungan tersebut terbatas. Hal ini karena terbatasnya sumber daya yang ada. Beberapa klien mungkin tidak puas akan hal ini, namun dukungan pelanggan ini masih bisa diperbaiki.

Perawatan yang Mahal

Salah satu permasalahan yang juga sering dihadapi adalah perawatan. Para pemilik bisnis yang menggunakan merk ini harus menyediakan orang yang mengerti di bidang teknologi tingkat tinggi. Hal ini karena perawatannya membutuhkan dukungan pengetahuan yang memadai.

Bagi Anda yang berminat untuk menggunakan Odoo ERP, jangan khawatir akan kekurangannya. Kami akan membantu untuk meminimalisir kekurangan dan memberikan solusi terbaik untuk seluruh permasalahan yang ada.

Tentunya harga yang kami tawarkan juga terjangkau karena kami hanya ingin membantu para pemilik bisnis untuk bisa menjalankan bisnisnya dengan lebih baik lagi.

NetSuite ERP

5 Rekomendasi Software ERP Terbaik Tahun 2021

Merek software ERP kedua yang kami sarankan untuk Anda gunakan adalah NetSuite ERP. Merek satu ini merupakan ERP omnichannel dan sudah banyak terjual di pasaran. Netsuite merupakan salah satu pelopor dari ERP sehingga menjadi salah satu merek yang terkenal.

Kelebihan Netsuite ERP

Reputasi yang Sangat Baik

Netsuite ERP merupakan merek yang memiliki reputasi yang baik bahkan memiliki beberapa penghargaan. Reputasi ini tentunya tidak serta merta muncul, melainkan dari fasilitas yang ada.

Netsuite mampu memberikan manajemen yang sangat akurat, manajemen pendapatan yang efisien, serta juga audit dan berbagai macam bagian keuangan lainnya. Pengguna pun merasa sangat puas akan kinerja dari Netsuite ini.

Supply Chain yang Efisien

Software ERP ini menawarkan layanan supply chain yang efisien sehingga Anda dapat menjalankan bisnis dengan lebih baik. Selain itu, tampilan datanya pun real-time pada bagian distribusi, inventaris, maupun pengadaan.

Keuangan yang Akurat

Bagian keuangan pada merek ini dinilai sangat akurat meliputi laporan keuangan hingga perencanaan keuangan. Sangat jarang sekali para pengguna menemukan kesalahan dalam bagian keuangan ini.

Kekurangan Netsuite ERP

Beberapa pengguna Netsuite membagikan pengalaman mereka pada trustradius.com. Beberapa kekurangan dan keluhan dari pengguna adalah:

  • Harga yang meningkat setelah beberapa tahun
  • Tidak ada dukungan 24/7
  • Memiliki banyak aplikasi namun tidak ideal bagi beberapa industri
  • Membutuhkan banyak perawatan dan keahlian untuk menggunakannya
  • Tampilan tidak ramah pengguna sehingga tidak cocok bagi pebisnis non-teknis

Ecount ERP

5 Rekomendasi Software ERP Terbaik Tahun 2021

Ecount ERP merupakan software ERP yang berasal dari Korea Selatan. Awalnya merek ini hanya dipasarkan di Korea Selatan saja. Penggunaannya pun hanya untuk Usaha Kecil Menengah (UKM).

Namun semakin lama Ecount semakin memperbaiki diri dan tahun 2012 mereka memasarkannya ke luar Korea. Hingga saat ini Ecount ERP sudah digunakan lebih dari 40.000 perusahaan yang tersebar di seluruh dunia.

Kelebihan Ecount ERP

  • Harga yang sangat murah dan sangat cocok untuk bisnis kecil yang masih baru memulai usaha
  • Dapat diakses dimana saja melalui ponsel

Kekurangan Ecount ERP

  • Harganya yang sangat murah menjadikan pengguna harus mandiri untuk membaca buku panduan atau menonton video. Hal ini karena layanan dukungan dan bantuan mereka sangat terbatas.
  • Tidak dapat disesuaikan dengan keinginan karena merek ini sudah dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan UKM

FinancialForce ERP

5 Rekomendasi Software ERP Terbaik Tahun 2021

Software ERP selanjutnya yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah FinancialForce ERP. Merek satu ini memiliki banyak sekali pengguna karena dapat terintegrasi dengan CRM Salesforce.

Lebih lanjut, sistem pada merek ini fokus untuk efektivitas dan efisiensi bisnis, dengan mengelola dan memanfaatkan semua informasi konsumen. Anda juga dapat melihat peluang pasar pada data tersebut sehingga bisnis dapat terus berkembang.

Kelebihan FinancialForce ERP

  • Menggunakan cloud
  • Memiliki layanan dukungan yang baik
  • Fleksibel sehingga sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan

Kekurangan FinancialForce ERP

  • Membutuhkan waktu lama untuk mempelajari banyak hal
  • Dapat terjadi kesalahan pengguna

SAP Business One

5 Rekomendasi Software ERP Terbaik Tahun 2021

Last but not least, software ERP yang kami rekomendasikan adalah SAP Business One. Merek ini sangat cocok digunakan baik bagi perusahaan produsen maupun distributor. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan SAP Business One

  • Pelaporan sangat jelas dan sangat detail
  • Aplikasi sederhana dan cocok untuk perusahaan kecil hingga menengah
  • Sangat nyaman dalam penggunaan karena ramah pengguna

Kekurangan SAP Business One

  • Tidak terdapat fitur manajemen kualitas
  • Tidak terdapat fitur manajemen sumber daya manusia
  • Harga lisensi yang tinggi

So, merek software ERP manakah yang akan Anda pilih? Tentukan pilihan Anda dan rasakan manfaat dari menggunakan ERP ini ya!