7 Kuliner Jogja Hits Yang Wajib Dicicipi!

7 Kuliner Jogja Hits Yang Wajib Dicicipi!

Gudeg, mangut lele, soto bathok, sate klathak hingga angkringan adalah kuliner Jogja hits yang wajib dicicipi.
7 Kuliner Jogja Hits Yang Wajib Dicicipi!

Jogja atau Yogyakarta adalah kota yang wajib banget dikunjungi setidaknya sekali dalam hidup. Tidak ada alasan lain untuk menolak mengunjunginya. Terlebih dengan banyaknya kuliner Jogja hits yang menggoyang lidah.

Vibes kota pelajar yang menjadi ciri khasnya memang sangat terasa di kota ini. Terdiri dari beberapa kampus-kampus besar, menjadikan atmosfir Jogja berbeda dengan kota lain. Tapi, tahukah kamu kalau Jogja juga disebut dengan kota Gudeg?

Yaps, Gudeg. Makanan khas yang sangat diminati baik oleh orang asli maupun pendatang. Gudeg memang memiliki cita rasa yang sangat khas. Kalau sudah begini wajar bukan kalau Gudeg kita sebut sebagai salah satu kuliner Jogja hits?

Selain Gudeg, tim Pitnia.com juga merangkum sekitar 7 kuliner Jogja hits yang legendaris dan wajib dicicipi! Bahkan harganya sangat terjangkau, kebanyakan di bawah 20 ribu!

Mangut Lele Mbah Marto

Mangut lele salah satu kuliner Jogja hits (source: detikfood)

Kuliner Jogja hits pertama yang kami rekomendasikan adalah Mangut Lele Mbah Marto. Mungkin, bagi pembaca yang bukan orang Jawa akan bingung dengan nama makanan satu ini. Singkatnya, mangut lele adalah lele yang diasapkan.

Unik bukan? Apalagi sekarang sedang ada fenomena kesulitan minyak goreng. Teknik makan satu ini cocok banget untuk dicoba loh.

Menu yang wajib dicoba di tempat ini adalah mangut lelenya. Walaupun ada lauk tambahan, untuk menu utama tersebut jangan sampai terlewat. Kalau terlewat, kamu akan menyesal!

Harganya pun dapat terbilang murah ya, untuk satu porsinya sekitar Rp 20.000 saja.

Oseng Mercon Bu Narti

Sesuai dengan namanya, warung satu ini menjual makanan pedas. Ya, oseng-oseng yang terdiri dari gajih, tulang, dan kulit ayam bersatu dengan bumbu yang spektakuler.

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari menu di sini. Hanya ada nasi putih, beserta oseng-oseng dan lauk tambahan lainnya. Terlihat memang tidak spesial. Terlebih, tampilannya yang sangat berminyak.

Tapi disitulah nikmatnya. Oseng mercon ini harus dimakan saat panas. Hal ini karena lemak yang ada akan membeku ketika dingin. Toh, makan oseng mercon ini tak ada yang bersedia lambat-lambat. Selalu menanti kejutan-kejutan di balik sesuap oseng mercon.

Walaupun rasanya pedas bak halilintar, harganya akan tetap sejuk bak surga. Ya, harga dari seporsi oseng mercon ini hanya Rp 15.000 saja. Murah bukan?

Nasi Goreng Beringharjo

Kuliner Jogja hits selanjutnya yang wajib dicoba adalah nasi goreng. Ya, nasi goreng.

Nasi goreng ini bukanlah nasi goreng biasa tapi nasi goreng yang sudah ada sejak 1960. Ada bumbu khusus yang turun temurun dari pendahulunya. Bahkan sejak pertama berdiri hingga artikel ini dibuat, rasanya tidak ada yang berubah.

Seakan segala bumbu terasa pas. Mulai dari aroma bawang putihnya, rasa manis hingga asin. Penasaran dengan kelezatannya?

Kamu bisa mengunjungi Nasi Goreng Beringharjo ini jalan Pabringan 1. Warungnya mulai buka pukul 19.00 dan akan tutup ketika sudah habis.

Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong, kuliner yang wajib dicoba (source:nginapdijogja)

Te sate. Siapa yang tidak suka sate?

Ternyata ada sate yang menjadi salah satu kuliner Jogja hits loh! Namanya Sate Klathak Pak Pong. Ada hal unik dari sate satu ini, yaitu jeruji sepeda.

Ya, jeruji sepeda. Pemiliknya yaitu Pak Pong menggunakan jeruji sepeda sebagai tusuk sate. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Tusuk sate mampu membuat daging kambing matang secara merata. Tidak hanya itu saja, penggunaan jeruji besi ini juga ramah lingkungan.

Bayangkan untuk satu jeruji sepeda bisa dipakai lebih dari 20 kali. Sedangkan untuk tusuk sate bambu, hanya bisa sekali pakai saja.

Kalau kamu mau mencicipinya, cukup mengunjungi Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta. Harga seporsinya yaitu Rp 20.000.

Soto Bathok Mbah Katro

Kalau kamu tidak ingin makan yang terlalu berminyak, ini nih pilihan yang tepat. Soto Bathok Mbah Katro.

Warung soto yang ada di Jalan Candi Sambisari No. 6, Sleman ini buka mulai 06.00 – 16.00 loh. Sesuai dengan namanya, soto disini disajikan dalam sebuah batok kelapa.

Harganya pun sangat-sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 saja. Namun dengan harga segitu, kamu bisa mendapatkan soto bening yang sangat gurih. Apalagi kalau dimakan saat cuaca dingin, beuh semakin mantap.

Lumpia Samijaya

Ingin kuliner Jogja hits tapi gak mau yang berat-berat? Tenang, Lumpia Samijaya siap menemani kamu.

Lumpia satu ini bukanlah sembarang lumpia, melainkan lumpia legendaris. Dengan campuran bengkoang, wortel, daging ayam, serta telur puyuh, lumpia satu ini sangat wajib dicoba.

Rasanya sendiri sangat khas, kulitnya yang sangat garing dan isian yang gurih. Akan lebih cocok lagi jika dicocol dengan sausnya yang terbuat dari bengkoang dan bawang putih. Dijamin ketagihan!

Angkringan Lik Man

Siapa sih yang gak tau angkringan?

Ketika disebut angkringan tidak tahu kenapa pasti pikiran kita langsung ke Jogja. Menu andalannya tentu saja nasi kucing.

Bagi para anak kos yang sedang menghemat uang, angkringan merupakan tempat yang paling nikmat. Kamu bisa mencicipi segala jenis lauk dengan harga yang lebih bersahabat.

Dari sekian banyak angkringan, team Viure menyarankan untuk mengunjungi Angkringan Lik Man. Angkringan ini berlokasi di kawasan Stasiun Tugu Yogyakarta dan tidak pernah sepi pengunjung.

Ada hal unik selain nasi kucing dan lauk pauknya, yaitu Kopi Joss. Kopi Joss sendiri terbuat dari bubuk kopi yang dicampur dengan arang yang membara. Ketika dicampurkan, akan terdengar bunyi ‘joooosssss’. Inilah cikal bakal namanya viral menjadi Kopi Joss.

Konon, arang yang dicelupkan tersebut bisa membantu untuk menetralisir kafein loh. Sehingga, kopi yang diminum sangat aman bagi pencernaan.

Tertarik untuk mencicipinya? Tenang. Kamu cukup menyiapkan uang sekitar Rp 10.000 sampai Rp 15.000 saja loh! Tapi kalau kamu makan dengan sangat banyak, tentunya harus menyiapkan uang lebih ya.

Tujuh kuliner Jogja hits dan legendaris ini sangat menggoda bukan? Tapi kalau dicicipi semua, kira-kira berapa ya uang yang habis?

Tenang. Kamu gak perlu khawatir. Kamu tetap bisa makan nikmat dengan tips liburan hemat. Caranya gimana? Gampang! Pilih hotel yang murah di bawah 200 ribu rupiah. Dijamin, pengeluaran akan sangat hemat dan kamu bisa jajan hehe.

Selamat liburan dan icip-icip!