Tips Liburan Murah Di Jogja, Backpacker Wajib Tahu!

Tips Liburan Murah Di Jogja, Backpacker Wajib Tahu!

Dijamin, 8 tips liburan murah di Jogja ini bakalan bikin happy karena gak bikin kantong jebol! Simak tipsnya di sini.
Tips Liburan Murah Di Jogja, Backpacker Wajib Tahu!

Holla sahabat Pitnia, siapa nih yang mau liburan ke Jogja? Jogja memang tempat yang oke banget buat liburan dan terkenal murah. Eits, tapi ternyata banyak juga loh yang boncos. Kenapa? Karena mereka tidak tahu tips liburan murah di Jogja.

Sayang banget kan kalau tujuan awalnya mengunjungi Jogja untuk healing versi low budget, eh ternyata malah high budget. Apalagi buat kamu yang belum pernah ke Jogja pasti hal ini bisa banget terjadi. So, simak 8 tips liburan murah di Jogja berikut ini!

Pantau Tiket Promo

Salah satu trasnportasi yang bisa digunakan untuk ke Jogja adalah pesawat terbang (source: pxhere.com)

Siapa sih yang gak suka promo? Nah, manfaatkanlah momen promo ini untuk mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah. Misalnya harga tiket ke Jogja biasanya 700 ribu, kamu bisa loh dapet tiket dengan harga 500 ribu saja. Gimana caranya? Caranya adalah sering mantengin travel website. Karena terkadang ada promo-promo yang bisa kamu dapatkan.

Selain itu, memilih transportasi juga penting loh. Karena beda jenis transportasi akan beda pula harganya. Maka dari itu, pilih kendaraan yang tepat, bis, kereta api, atau pesawat ya.

Penginapan Terjangkau

Penginapan yang terjangkau cocok untuk menghemat pengeluaran (source: votelviurejogja.com)

Tips liburan murah di Jogja selanjutnya adalah mencari penginapan yang terjangkau. Kalau kamu backpacker, kamu bisa memanfaatkan rekan atau orang yang kamu kenal di Jogja. Dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk penginapan.

Tapi misalkan kamu tidak memiliki orang yang dikenal, jangan khawatir. Kamu tetap bisa hemat. Gimana caranya?

Caranya dengan memilih penginapan harga terjangkau seperti Votel Viure Hotel. Hotel ini terletak di daerah Condongcatur, Sleman. Di hotel ini kamu hanya perlu mengeluarkan uang di bawah 200 ribu loh. Saat weekdays cukup Rp 180.000 dan Rp 200.000 saat weekendAffordable banget kan?

Eits, walaupun murah tapi bukan murahan ya. Kamu bisa menikmati semua fasilitasnya. Ruangan yang nyaman, AC, Tv, dan pemanas air bakalan kamu dapatkan. Tidak hanya itu saja, di hotel ini juga tersedia fasilitas restoran serta ruangan rapat. Oke banget kan?

Lalu, gimana kalau misalnya kamu liburan rame-rame? Tenang, pilihan yang tepat adalah dengan menggunakan guest houseGuest house yang ada di Jogja mulai dari harga Rp400ribuan perharinya.

Manfaatkan Wisata Gratis

Candi Prambanan salah satu destinasi di Jogja (source: pixabay.com)

Tempat wisata yang ingin dikunjungi juga perlu diperhatikan loh. Jangan sampai hal ini membuat kamu boros. Banyak tempat wisata di Jogja yang bisa dikunjungi harga tiketnya di bawah Rp 10 ribu. Bahkan tak jarang pula kamu bisa masuk secara free alias gratis.

Nah, setelah puas menikmati tempat wisata tersebut, kamu bisa mengunjungi tempat yang lumayan jauh. Seperti misalnya Gumuk Pasir, Candi Prambanan, atau pantai di Gunung Kidul.

Tak perlu bingung, cek wisata yang ingin kamu kunjungi di sini.

Makan yang Hemat

Gudeg makanan yang wajib dicoba (source: commons.wikimedia.org)

Salah satu tips yang terbaik untuk menghemat uang adalah makan di sekitaran kampus. Kenapa begitu? Karena seperti yang kita ketahui makanan di sekitar kampus jauh lebih murah dibandingkan makanan di area wisata. Tips ini bisa banget kamu terapin untuk tetap makan nikmat dengan harga bersahaja.

Selain makan di area kampus, kamu bisa menggunakan tipe makan seperti warga lokal. Maksudnya adalah memilih makanan lokal dengan harga yang lebih murah. Banyak sekali contohnya, bakso, soto, gudeg bisa menjadi pilihan. Masih bingung mau makan apa? Cek makanan yang wajib dicicipi di sini.

Bawa Perbekalan

Abon, bekal yang ringan dan hemat (source: commons wikimedia)

Tips liburan murah di Jogja satu ini sebenarnya ditujukan untuk kamu yang mau melakukan effort lebih ketika liburan. Perbekalan yang dibawa bisa saja seperti abon, kering tempe, dan semacamnya. Namun, tips satu ini harus disesuaikan pula dengan keadaan kamu ya, jika dirasa terlalu repot maka tidak perlu untuk dibawa.

Pilih Kendaraan yang Tepat

Trans Jogja (source: commons.wikimedia.org)

Ketika di Jogja enaknya sewa motor, menggunakan kendaraan umum, atau ojol ya? Banyak banget yang bingung akan hal ini. Karena dengan pilihan yang tepat bisa hemat.

Transportasi ketika liburan memang penting loh untuk dipikirkan. Jika kamu backpacker, maka akan lebih baik menggunakan kendaraan umum. Kenapa? Hal ini karena lebih murah dan bisa menikmati perjalanan.

Lalu gimana kalau liburan berdua? Saran yang tepat adalah menyewa motor. Harga sewa motor di Jogja termasuk cukup mura, mulai dari Rp 50.000 saja.

Lain ceritanya jika kamu pergi secara rombongan. Pilihan yang tepat jika pergi secara rombongan adalah menyewa mobil. Tarif sewa mobil mulai dari Rp 350.000 untuk 12 jam. Apalagi kalau salah satu diantara kalian bisa membawa mobil, gak perlu sewa sopir deh.

Share Cost

Patungan (source: MNC media)

Keuntungan pergi berdua atau secara berkelompok adalah kamu bisa sharing semua pengeluaran. Bahasa lainnya adalah patungan. Yaps, pengeluaran seperti transportasi, penginapan, dan juga makan. Dengan begitu, kamu tetap bisa liburan dan menekan pengeluaran.

Menawar saat Belanja

Patungan (source: MNC media)

Tips liburan murah di Jogja yang terakhir adalah menawar harga ketika belanja. Ya, tidak afdol rasanya jika pergi liburan tanpa membawa oleh-oleh. Inilah momen yang terkadang membuat kita “boros”, padahal membeli oleh-oleh juga bisa hemat loh.

Caranya adalah dengan berpura-pura sebagai orang lokal yang menawar harga ketika belanja. Kamu bisa menawar sekitar 30% dari harga yang diberikan penjual. Trik ini tentunya akan sangat menekan pengeluaran kamu selama liburan.

Itulah beberapa tips liburan murah di Jogja yang bisa banget kamu terapkan untuk menekan biaya. Tips di atas juga bisa kamu terapkan untuk liburan kemana saja. Gak ada lagi pikiran liburan mahal ya asalkan kamu menerapkan tips di atas. Happy holiday!