Blueprint pitnia+

Blog pitnia+ dijalankan dengan sistem dan teknologi terbaik saat ini untuk menyajikan pengalaman menakjubkan pagi kenyamanan pengunjung.

Pada halaman ini, kami menjabarkan bagaimana blog ini berjalan, mulai dari domain, hosting, serta teknologi yang digunakan.

Platform Blog

WordrPress

Self-Hosted WordPress

Seperti yang bisa Anda tebak, situs web kami didukung oleh platform penerbitan terbaik di web, WordPress.org.

Penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan antara WordPress.com vs WordPress.org dan memilih platform yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Meskipun ada banyak platform blog di luar sana, kami lebih merekomendasikan penggunaan WordPress karena kebebasan dan fleksibilitas yang Anda miliki untuk menyesuaikan situs web Anda.

Hosting

Cloud Hosting

Niagahoster

Hosting web adalah rumah situs web Anda di internet. Setiap situs web membutuhkan web hosting, dan setiap situs web memiliki kebutuhan yang berbeda.

Di pitnia+, kami menggunakan Paket Personal Unlimited Hosting dari Niagahoster.

Kami memahami ada ribuan penyedia web hosting di luar sana tetapi semua kembali pada kebutuhan masing-masing.

Desain/Tema Situs Web

Newspaper by TagDiv

pitnia+ membangun tema khusus yang kami pakai di atas tema Newspaper by TagDiv.

Tema ini adalah salah satu tema dengan penjualan tertinggi di layanan Themeforest.

Newspaper juga menyertakan beberapa plugin bawaan untuk mendukung tema mereka. Oke, semuanya kita masukkan ke paket Newspaper by TagDiv dan tidak perlu dibahas.

Keamanan

WordPress Security

Cloudflare

Kami menggunakan layanan Cloudflare untuk memantau web dan mencegah serangan, termasuk menyediakan SSL HTTPS bagi situs web ini.

Cloudflare memang dianggap orang sebagai Content Delivery Network. Akan tetapi, fungsi yang mereka jual sebenarnya adalah layanan keamanan.

Alasan pitnia+ menggunakan layanan eksternal alih-alih plugin keamanan yang biasa dipakai sebagian besar blog WordPress adalah untuk menghemat sumber daya hosting.

Secara tidak langsung, setiap plugin dan serangkaian Cron Job yang dilakukan oleh CPanel berpengaruh pada performa situs web keseluruhan.

Performa

Speed Up WordPress

WP Rocket

Kami menggunakan plugin WP Rocket untuk melakukan cache terhadap halaman dan peramban untuk meningkatkan kecepatan situs web ini.

Cloudflare

Kami menggunakan jaringan Cloudflare untuk mempercepat situs web kami dan mengurangi beban server.

statically.io

Kami menggunakan Content Delivery Network asal Jogjakarta ini untuk menyajikan konten statis (gambar, CSS, JavaScript).

reSmush.it Image Optimizer

Plugin ini kami gunakan untuk mengkompres ukuran setiap gambar yang diunggah ke situs web ini. reSmush.it juga menyediakan layanan kompres secara otomatis setiap gambar yang terlewat dengan memanfaatkan Cron Job yang diatur melalui CPanel.

TinyPNG

Layanan ini mirip dengan reSmush.it, hanya saja ini adalah versi online-nya.

Marketing

Email Strategies

Gravity Forms

pitnia+ menggunakan Gravity Forms untuk memberdayakan semua formulir kontak dan pembuatan aktivitas yang menggunakan formulir.

OneSignal Push Notifications

OneSignal Push Notifications adalah salah satu perangkat lunak pemberitahuan push web terpopuler saat ini. Ini membantu kami terhubung dengan pengunjung setelah mereka meninggalkan situs web kami.

FeedBurner

Kami menggunakan layanan dari Google ini untuk memberikan pengalaman RSS Feed yang lebih baik kepada pengunjung. Sebelumnya kami juga memanfaatkan FeedBurner untuk mengirimkan nawala ke surel pengunjung (sebelum fitur ini dinonaktifkan Google).

Mailchimp

MailChimp memungkinkan kami merancang, mengirim, dan melacak buletin email yang indah untuk pembaca kami.

Rank Math SEO

Kami menggunakan Rank Math SEO untuk meningkatkan SEO pada halaman kami dengan menambahkan tag judul, peta situs XML, aturan pengindeksan, dan banyak lagi. Salah satu kelebihannya adalah mereka menyediakan peta situs berita XML.

Sebelum 2021 kami menggunakan Yoast SEO sebagai plugin SEO dan XML Sitemap & Google News dari RavanH untuk peta situs berita XML.

Komentar

Comments

Akismet Anti-Spam

Kami menggunakan Akismet untuk memerangi SPAM komentar. Akismet memungkinkan kami fokus pada menulis konten berkualitas daripada memoderasi komentar SPAM.

Di Balik Layar

Ada beberapa tools, plugin, dan cuplikan kode khusus yang kami gunakan di pitnia+. Berikut adalah daftar plugin di balik layar kami, tools, dll.

Easy Table of Contents

Kami menggunakan Easy Table of Contents untuk menampilkan daftar isi artikel ala Wikipedia untuk memudahkan pembaca mengetahui apa saja isi artikel.

Editor Klasik

Mengaktifkan editor klasik WordPress dan layar Edit Post gaya lama dengan TinyMCE, Meta Box, dll. Mendukung plugin lama yang memperluas layar ini.

Ya, editor kami masih belum terbiasa dengan editor ala Gothenberg.

Insert Headers and Footers

Plugin ini memungkinkan kami memasukkan kode di header atau footer blog WordPress.

Lebih mudah untuk melihat semua kode eksternal yang ditanamkan pada situs web hanya pada satu layar saja.

Web Stories

Plugin visual storytelling ala Instagram untuk WordPress.

Itu saja untuk saat ini. Kami akan memperbarui halaman ini ketika kami mulai menggunakan beberapa plugin atau tools baru di pitnia+.