Cara Daftar Internet Banking BCA, BNI, BRI, Mandiri, dan CIMB Niaga

Perkembangan teknologi memberikan kemudahan dalam dunia perbankan. Melalui internet banking, bisa dilakukan berbagai transaksi, seperti cek saldo dan atau transfer dana. Hal ini membuat hampir semua bank di Indonesia memberikan layanan internet banking bagi nasabahnya.

Bank besar seperti BCA, BNI, BRI, Mandiri, dan CIMB Niaga telah menyediakan layanan internet banking. Akan tetapi, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya. Bagaimana caranya? Artikel ini akan membahas cara pendaftaran internet banking dari masing-masing bank.

Cara Daftar Internet Banking BCA

Untuk bisa menggunakan layanan internet banking dari BCA, Anda dapat melakukan pendaftaran melalui 2 cara, yaitu:

Melalui Customer Service di Bank BCA Terdekat

Cara yang pertama ini bisa saja Anda lakukan langsung ketika melakukan pembukaan rekening baru di Bank BCA. Jadi, ketika membuka rekening baru, Anda bisa meminta kepada customer service bank untuk mendaftarkan dan mengaktifkan layanan internet banking tersebut sekaligus, sehingga kesempatan berikutnya Anda tidak perlu pergi ke ATM dan mendaftar lagi.

Melalui ATM BCA

Cara ini diperuntukkan bagi Anda yang sudah mempunyai tabungan di Bank BCA tetapi belum sama sekali terdaftar atau mengaktifkan layanan internet banking di BCA. Maka, untuk membuatnya Anda perlu mendaftar sendiri dengan datang ke ATM terdekat. Bagaimana cara pendaftarannya? Beginilah cara mendaftar internet banking di BCA melalui ATM:

  1. Memasukkan Kartu ATM BCA dan PIN-nya.
  2. Pada halaman utama silahkan pilih opsi “Daftar Autodebet”.
  3. Pilih opsi “Internet Banking”.
  4. Masukkan enam digit PIN Anda, lalu masukkan lagi untuk tahap konfirmasi.

Apabila registrasi sudah berhasil, selanjutnya akan keluar struk yang berisi user ID. Simpanlah struk tersebut dan gunakan sebagai bukti dan referensi ketika akan melakukan login di website Internet Banking Klik BCA.

Tahap berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan aktivasi internet banking melalui halaman website di Klik BCA. Berikut adalah cara aktivasi internet banking di klik BCA:

  1. Buka terlebih dahulu Internet Banking di Klik BCA. Akan muncul syarat dan ketentuan pada internet BCA, bacalah terlebih dahulu dan pilih “Setuju”.
  2. Pada halaman berikutnya, Anda perlu memasukkan nama email, nomor kartu ATM BCA (16 digit), user ID (bisa Anda dapat dalam tulisan di struk) dan masukkan PIN yang Anda buat dan pilih juga menu untuk bahasa yang akan digunakan.
  3. Lakukan login kembali dengan menggunakan user ID dan PIN di internet banking Klik BCA.

Cara Daftar Internet Banking BNI

Untuk bisa menggunakan layanan internet banking dari BNI, Anda dapat melakukan pendaftaran melalui 2 cara, yaitu:

Melalui Customer Service di Bank BNI Terdekat

Saat Anda melakukan pembukaan buku rekening, sebaiknya Anda langsung mendaftarkan internet banking agar tidak repot nantinya.

Melalui ATM BNI

Bagi Anda pemilik rekening tabungan BNI tetapi belum mendaftarkan layanan internet banking, Anda bisa melakukannya melalui ATM BNI dengan cara berikut:

  1. Masukkan kartu ATM dan PIN-nya.
  2. Pilih “Registrasi E-Channel”.
  3. Pilih “BNI Internet Banking”.
  4. Ketika muncul pertanyaan akan melakukan registrasi, pilih “Setuju”.
  5. Setelah itu, masukkan PIN registrasi internet banking 6 digit.
  6. Terakhir, masukkan lagi PIN registrasi untuk konfirmasi.

Anda akan mendapatkan struk dari registrasi BNI Internet Banking. Berikutnya, Anda harus mengaktivasikan akun internet banking Anda melalui halaman web BNI Internet Banking. Tautan aktivasi berada di bawah formulir login. Di situ Anda bisa memasukkan nomor kartu ATM BNI yang digunakan untuk registrasi di ATM. Ketika muncul syarat dan ketentuan, Anda bisa membacanya sejenak dan pilih “Setuju”.

Langkah terakhirnya, Anda harus membuat user ID, password dan alamat email. Jangan lupa isi form tersebut dengan data yang sebenarnya. Terakhir tekan tombol Proses. Sampai di sini Anda sudah berhasil melakukan pendaftaran di Internet Banking BNI. Namun, perlu Anda ketahui pada tahap ini Anda hanya bisa melakukan cek saldo dan mutasi rekening. Untuk mengaktifkan layanan yang lainnya, Anda bisa pergi ke Bank atau menghubungi customer service Bank BNI terdekat.

Cara Daftar Internet Banking Bank Mandiri

Bank Mandiri juga memiliki layanan internet banking. Hal ini membuat nasabah tidak perlu lagi harus ke cabang terdekat hanya untuk urusan transfer atau melakukan pengecekan saldo. Untuk melakukan pendaftaran internet banking Bank Mandiri, anda bisa melakukannya dengan cara berikut:

Melalui Customer Service di Bank Mandiri Terdekat

Anda bisa meminta bantuan customer service di cabang terdekat dari lokasi Anda untuk mendaftarkan internet banking Bank Mandiri.

Melalui ATM Mandiri

Apabila tidak ada cabang terdekat dari lokasi Anda, pendaftaran internet banking Bank Mandiri juga bisa melalui ATM. Berikut adalah langkah langkahnya:

  1. Masukkan kartu ATM Bank Mandiri milik Anda dan PIN atau kata sandinya.
  2. Pilih menu utama lalu “Transaksi lainnya”.
  3. Pilih “Internet Banking“.
  4. Pada halaman berikutnya, akan muncul syarat dan ketentuan, silahkan baca dan klik “Setuju”.
  5. Masukkan kata sandi sekali lagi dan pilih tombol “Benar”.
  6. Apabila pendaftaran sukses, Akan terlihat pemberitahuan pada layar mesin ATM.

Saat ini Anda telah menyelesaikan tahap pertama. Untuk tahap kedua, Anda hanya perlu memanfaatkan perangkat elektronik Anda yakni untuk beralih ke proses aktivasi. Karena tanpa proses aktivasi, fitur pada layanan tidak akan dapat digunakan secara maksimal. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Buka situs dan halaman resmi dari Bank Mandiri.
  2. Pilih opsi “Pengguna baru” atau “Registrasi ulang” dan klik “Setuju”.
  3. Masukkan user ID dan kode akses internet banking yang Anda miliki. User ID adalah 16 digit angka di kartu ATM sedangkan kode akses adalah 6 digit dari password ATM.
  4. Setelah semua data sudah diisi dan dinyatakan benar, silahkan klik “Aktifkan”.
  5. Langkah terakhir, Anda perlu membuat user ID dan password untuk proses login ke Internet Banking Bank Mandiri. Anda harus mengingatnya, karena akun ini akan bisa digunakan untuk seterusnya.

Cara Daftar Internet Banking BRI

Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah menyediakan layanan internet banking. Fasilitas ini dapat dinikmati setelah Anda mengajukan pendaftaran internet banking. Sebelumnya, pastikan Anda telah membuka rekening BRI terlebih dahulu. Untuk melakukan pendaftaran internet banking BRI, anda bisa melakukannya dengan cara berikut:

Melalui Customer Service di Bank BRI Terdekat

Jika Anda tidak ingin repot–repot untuk mengurusnya sendiri, silahkan untuk datang ke cabang BRI terdekat dari lokasi Anda. Disana Anda bisa melakukan pendaftaran dan aktivasi untuk internet banking dibantu oleh customer service. Jangan lupa untuk membawa ponsel dengan nomor telepon yang bisa didaftarkan untuk M-token. Nantinya Anda akan menerima pesan singkat untuk verifikasi dan untuk aktivasi SMS banking.

Melalui ATM BRI

Anda juga bisa melakukan pendaftaran layanan internet banking melalui ATM BRI. Untuk proses pendaftarannya sendiri, Anda bisa mengikuti langkah langkah sebagai berikut:

  1. Masukkan kartu ATM, lalu masukkan PIN atau password-nya.
  2. Pilih opsi lainnya, lalu klik menu “Registrasi”.
  3. Pilih menu “Internet Banking”
  4. Masukkan password baru dan layanan internet banking yang berjumlah 6 digit.
  5. Berikutnya, tulis kembali password yang Anda masukkan untuk mengonfirmasi.

Apabila pendaftaran sudah selesai, mesin ATM tersebut secara otomatis akan memunculkan user ID untuk internet banking. Cetak atau foto struk tersebut untuk bisa mengakses layanan internet banking BRI nantinya. Umumnya user ID ini sendiri adalah gabungan dari gabungan nama dan angka dari tanggal lahir. Untuk mengakses lebih lanjut Anda bisa langsung membuka situs internet banking BRI dengan tindak lanjut sebagai berikut:

  1. Masukkan user ID juga password yang sudah Anda dapat dari ATM, kemudian pilih tombol “Masuk”
  2. Apabila sudah berhasil masuk, Anda bisa melihat halaman syarat dan ketentuan yang dimiliki oleh layanan internet banking BRI, Anda bisa membaca dan mempelajarinya dulu sejenak. Kemudian pilih “Setuju”
  3. Berikutnya Anda akan diarahkan ke halaman untuk mengubah password ATM serta memasukkan email.

Anda sudah berhasil melakukan pembuatan akun di internet banking BRI. Namun, untuk layanan ini Anda baru bisa melakukan pemindah bukuan dan cek saldo. Sedangkan untuk fasilitas seperti transfer, pembayaran dan yang lainnya Anda perlu mengaktifkan M-token terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Anda harus ke cabang BRI terdekat dan membawa beberapa syarat seperti ATM, fotokopi KTP, buku tabungan, dan menyediakan nomor telepon yang akan dijadikan M-token.

Cara Daftar Internet Banking CIMB Niaga

Bagi Anda nasabah Bank CIMB Niaga, juga telah tersedia layanan internet banking. Untuk mendaftarkannya, Anda bisa melakukannya dengan cara-cara sebagai berikut:

Melalui Website Resmi

Anda bisa melakukan pendaftaran layanan internet banking melalui website resmi Bank CIMB Niaga. Untuk proses pendaftarannya sendiri, Anda bisa mengikuti langkah langkah sebagai berikut:

  1. Buka web CIMB Clicks.
  2. Pilih “Daftar di sini” dan klik “Lanjutkan”.
  3. Pada halaman berikutnya, isilah kolom yang tersedia mulai dari nomor rekening sampai nomor PIN kartu debit/ATM.
  4. Pilih “Setuju” pada halaman Syarat dan ketentuan di CIMB Clicks.

Melalui ATM CIMB Niaga

Anda juga bisa melakukan pendaftaran internet banking Bank CIMB Niaga melalui ATM dengan cara sebagai berikut:

  1. Masukkan kartu ATM Anda beserta PIN-nya.
  2. Pilih menu “Branchless Banking” dan tekan opsi “Registrasi”.
  3. Selanjutnya pilih “CIMB Clicks”
  4. Masukkan 6 digit untuk password CIMB Niaga dan pilih tombol “OK”
  5. Masukkan nomor ponsel dan pilih “Lanjut”
  6. Setelah semua proses selesai, struk akan keluar sebagai bukti bahwa Anda sudah selesai dalam melakukan registrasi tersebut.

Selesai mendaftar, Akan ada pemberitahuan berupa mPIN dari CIMB Clicks. Nah, mPIN tersebut akan sangat berguna ketika Anda mengonfirmasi transaksi nanti. Untuk mPIN ini sifatnya adalah rahasia, jadi jangan sampai orang lain tahu, cukup hanya Anda saja sebagai pemiliknya.

Semoga bermanfaat 🙂

Terpopuler Pekan Ini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here