Cara Mengamankan Rumah dari Sambaran Petir

Tahukah kamu kalau setiap rumah memiliki kemungkinan untuk tersambar petir?

Bahkan ketika kamu berlindung di dalam rumah pun, tetap ada kemungkinan kamu terkena imbas ketika rumah tersambar petir.

Apalagi di tengah musim hujan yang rawan banjir seperti sekarang, sambaran petir bisa mengancam kapan saja.

Dengan banyaknya alat elektronik di dalam rumah, pemasangan penangkal petir menjadi penting untuk mengurangi bahaya dari sambaran petir.

Kali ini saya akan membagikan beberapa hal yang kamu ketahui agar rumahmu cukup aman dari sambaran petir.

Penyebab Rumah Tersambar Petir

Menurut laporan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) ada tiga hal yang mempengaruih sambaran petir di suatu tempat, yaitu: ketinggian, bentuk runcing atap rumah, dan isolatornya.

Di saat rawan banjir seperti saat ini, sebaiknya juga menghindari genangan banjir. Karena air adalah media penghantar listrik, yang bisa menjadi penghantar aliran listrik dari petir.

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan yaitu menjauhi barang yang mengandung logam seperti pagar, bangku besi, tangga dan alat elektronik.

Alat-alat tersebut, termasuk juga alat elektronik, bisa menjadi penyebab rumah tersambar petir dan penghuni di dalamnya ikut terkena efeknya.

Jika rumah kamu berada di wilayah tinggi, terbuka, atau dekat pohon, sebaiknya pasang penangkal petir sebagai langkah pencegahan utama.

Setelah itu, pastikan untuk selalu mematikan alat elektronik dan tak memainkannya ketika hujan dan petir terjadi.

Pengaruh Sambaran Petir bagi Tubuh Manusia

Menurut Christopher John Andrews, dkk dalam Lightning Injuries: Electrical, Medical, and Legal Aspect (1992; 81) petir bekerja dengan tiga cara.

Pertama, sambaran langsung ke tubuh; kedua, melalui ‘cipratan’ halilintar setelah kilat mengenai objek di sekitarnya; dan terakhir, melalui arus tanah.

Mary Ann Cooper, seorang peneliti petir, berkata kepada CNN  menjelaskan bahwa mayoritas listrik dari sambaran petir mengalir di luar tubuh dalam efek flashover. Listrik yang mengalir di luar tubuh ini bisa bereaksi dengan keringat atau tetesan air hujan pada kulit.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahaya serangan petir bisa mematikan bagian otak yang mengontrol pernapasan.

Meskipun ada yang tak mengalami kematian setelah disambar petir, namun ternyata mereka menderita trauma dan berbagai luka ringan atau berat dalam hidupnya.

Bahkan, banyak di antara mereka yang mengalami berbagai masalah pada jantungnya setelah tersambar petir.

Cara Agar Rumah Aman dari Tersambar Petir

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengamankan rumah dari sambaran petir. Meskipun tidak ada jaminan, melakukan hal-hal berikut bisa sedikit mengurangi efek dari sambaran petir menurut laporan NOAA.

Perhatikan pohon di sekitar rumah

Selain bisa menjadi salah satu yang mengantarkan petir ke dalam rumah, pohon juga dapat tumbang oleh sambaran petir dan menimpa rumah. Pangkas pohon yang ada di sekitar rumah apabila bisa ada kemungkinan untuk menimpa rumah.

Amankan peralatan elektronik saat petir

Selain dengan mematikan alat elektronik, kamu juga sebaiknya tak memainkan dan segera mencabut alat elektronik yang terpasang ketika hujan dan petir terjadi. Hal ini sangat penting dilakukan karena alat elektronik bisa memancing petir menyambar rumah dan membahayakan penghuninya.

Amankan instalasi listrik

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan mengenai peralatan elektronik yaitu memastikan instalasi listrik di rumah tak bermasalah. Perhatikan bila ada kabel yang mengelupas atau aliran listrik arus pendek karena keduanya bisa menjadi penyebab rumah tersambar petir. Sebaiknya instalasi listrik diperiksa dan diperbaiki secara berkala agar tak ada bahaya yang ditimbulkan di kemudian hari.

Pasang penangkal petir

Cara paling ampuh dan paling dianjurkan untuk menangkal serangan petir tentu saja dengan memasang penangkal petir. Bahkan hal ini sangat wajib untuk dilakukan terutama bagi yang memiliki rumah di daerah tinggi atau bertingkat dua. Penangkal petir internal atau eksternal dapat menghindarkan dari bahaya petir bagi rumah dan juga bagi penghuninya secara efektif.

* Diolah dari berbagai sumber

Terpopuler Pekan Ini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here