Foto: picjumbo_com (pixabay.com) diambil dari needpix.com
Work From Home (picjumbo_com (pixabay.com) diambil dari needpix.com)

Holla gais, dah lama banget rasanya ya gak update blog lagi, maafin yah. Okay mulai sekarang aku bakalan usahain buat update blog terus, cmiiw.

Nah, seperti kita ketahui, tanggal 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus corona pertama kali di Indonesia. Hingga tanggal 19 Maret 2020, masyarakat yang positif semakin bertambah bahkan mencapai angka 309 orang. Karena seperti ini, maka pemerintah menghimbau untuk Work From Home (WFH) alias kerja dari rumah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi interaksi antar sesama sehingga penyebaran virus tidak semakin parah. WFH ini juga berlaku buat pelajar dan mahasiswa loh, bahkan di kampus aku sendiri juga sudah menerapkan yang notabene belum termasuk ke dalam daerah yang dianjurkan pemerintah untuk melakukan WFH dan social distancing ini.

Bagi kita sih, enak lah ya bisa leyeh-leyeh di kamar, bisa rebahan everytime, but kita juga jangan sampai terlena. Walaupun belajar dan kuliah dari rumah, kita juga harus tetap produktif dong. Tapi nih, pasti banyak yang bilang “aku masih rebahan, magnet kasur kuat banget”, hal ini yang harus kita jauhi ya temen-temen.

Gimana caranya padahal godaan rebahan sungguh nikmat??? Kamu bisa melakukan beberapa langkah ini yang sudah ku lakukan dan dapat membuat aku tidak rebahan club:


1. Atur Bujo

Bujo ya gais, bukan burjo wkwkwk. Bujo itu singkatan dari bullet journal. Nah di bullet journal ini kita bisa list kegiatan-kegiatan apa aja yang mau kita kerjakan setiap hari. Misalkan karena aku anak kos dan sedang kuliah, maka hari ini aku mau cuci piring, cuci baju, nyetrika, masak, dan mengerjakan skripsi. Kalau kamu masih sekolah, maka kamu dapat membuat list belajar biologi, belajar fisika, belajar kimia, belajar soal-soal untuk UN dan masih banyak lagi. Nah dengan adanya list-list ini kita jadi tau apa aja kegiatan produktif yang sudah kita lakukan dan belum lakukan.

2. Lakukan kegiatan sesuai list

Apa gunanya perencanaan tanpa eksekusi? Tentunya tidak ada. Maka dari itu, yang terpenting adalah aksi kita. Kamu dapat membagi waktu mu untuk produktif dan untuk main hp ataupun nonton. Gimana caranya? Di sini aku mau membagi ke dalam dua kegiatan besar yaitu untuk bersih-bersih dan untuk bekerja.

Kamu bisa atur kegiatan bersih-bersih mu dengan alarm, dimana kamu set alarm selama 10 menit. Dalam 10 menit tersebut, kamu menyelesaikan 1 list bersih-bersih mu tanpa gangguan dari hal apapun. Setelah 10 menit pertama berlalu, kamu dapat menceklist daftar bersih-bersih yang ada dalam bujo mu. Lakukan seperti ini untuk menyelesaikan semua list bersih-bersih mu yaaa….:)

Nah, cara untuk tetap fokus dalam bekerja sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bersih-bersih, namun durasinya yang ditambah. Sebenarnya ini mengacu pada Pomodoro Teknik, dimana kita set alarm untuk 25 menit, dan dalam waktu 25 menit tesebut kita harus belajar dengan fokus tanpa hambatan atau gangguan dari apapun. Setelah 25 menit itu selesai, kamu bisa istirahat selama 5 menit, lalu lanjut lagi dengan 25 menit fokus bekerja. Semua hal ini dilakukan selama 4 siklus atau 4 kali, lalu di akhir kamu dapat istirahat lebih lama yaitu 15-30 menit. Kamu tidak akan sadar bahwa ternyata kamu sudah produktif selama 100 menit. Waktu istirahat 5 menit tersebut dapat kamu manfaatkan untuk membalas pesan, ke toilet ataupun hanya meluruskan pinggang. Dan untuk istirahat yang lebih lama yaitu 15-30 menit, bisa kamu manfaatkan untuk makan, nonton tv, nonton film dan masih banyak lagi.

Lakukan langkah ini, maka kamu tetap bisa produktif walaupun rebahan sangat menggoda.

See you next blog yah…

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here