11 Manfaat Teh Gaharu bagi Kesehatan

Apakah Anda suka minum teh baik saat pagi maupun sore hari? Jika iya, pernahkah Anda mencoba teh gaharu? Diketahui bahwa gaharu mengandung banyak sekali nutrisi, mulai dari kalsium, magnesium, seng, kalium, dan juga zat besi.

Nah dari banyaknya kandungan tersebut, teh gaharu memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh, yaitu:

Anti-aging

Manfaat pertama dari konsumsi teh gaharu adalah menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena gaharu mengandung minyak esensial yang mampu untuk mengeluarkan merkuri dari dalam tubuh.

Selain mampu mengeluarkan merkuri, teh gaharu juga dapat menghilangkan racun yang ada di pencernaan, sehingga usus menjadi lebih sehat. Dalam organ lain, teh gaharu mampu untuk mencegah kelelahan, serta membantu sirkulasi darah menjadi lebih baik lagi.

Di dalam teh ini juga terdapat vitamin E dan mineral yang bisa mengurangi proses penuaan kulit, memperbaiki kulit kering, dan juga rambut rontok.

Teh gaharu juga mengandung antioksidan yang kita ketahui sangat bagus untuk kulit. Antioksidan mampu untuk mengurangi kerusakan pada sel kulit sehingga akan memperlambat penuaan dini seperti keriput dan noda.

Detoks Tubuh

Dengan kemampuan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh, teh gaharu dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk detoksifikasi tubuh. Hal ini karena tubuh menghasilkan racun setiap harinya, dan beberapa dari racun tersebut tidak dapat keluar dengan sendirinya dari tubuh.

Karena hal tersebut, banyak sekali masyarakat yang mengonsumsi teh herbal, maupun air lemon yang bertujuan untuk detoks tubuh. Jika Anda memiliki teh gaharu, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk hal satu ini.

Relaksasi

Teh gaharu memiliki efek ketenangan pada tubuh dan pikiran manusia. Minuman herbal satu ini sangat cocok untuk diminum oleh setiap orang, terlebih pada malam hari ketika telah menyelesaikan berbagai rutinitas.

Pereda Pengar

Apakah Anda pernah mabuk setelah pesta? Jika iya, pasti Anda pernah mengalami saat-saat tidak menyenangkan setelah mabuk tersebut. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi teh gaharu pada pagi hari.

Antidepresan

Ketika Anda memiliki perasaan yang terus berkecamuk tidak ada salahnya untuk mengonsumsi teh gaharu. Hal ini karena daun gaharu dapat berperan sebagai antidepresan.

Antidepresan tersebut berasal dari agarospirol yang mampu untuk menekan sistem saraf pusat yang menyebabkan ketegangan. Selain menekan sistem saraf tersebut, agarospirol juga dapat memulihkan kebugaran fisik.

Menurunkan Berat Badan

Berat badan merupakan masalah bagi sebagian orang. Banyak sekali masyarakat yang akhirnya memilih jalan singkat untuk menurunkan berat badan. Padahal, cara tersebut bisa saja berbahaya bagi tubuh.

Jika Anda kelebihan berat badan, teh gaharu dapat menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Konsumsilah secara rutin misalnya enam cangkir setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Mengatasi Gangguan Tidur

Saat ini banyak sekali kalangan muda yang mengalami kesulitan tidur. Ketika tubuh telah berada di atas tempat tidur, mata seakan tidak mau untuk menutup.

Jika Anda termasuk ke dalam kelompok tersebut, teh gaharu bisa menjadi pilihan untuk mengatasinya. Kandungan yang ada di dalam teh tersebut dapat membantu untuk meredakan dan mengurangi gejala stres. Dengan begitu, Anda dapat tidur dengan nyenyak dan tentunya lebih lama.

Menambah Energi

Terkadang kita merasa bahwa tubuh sangat tidak berenergi atau tidak bertenaga sejak pagi. Teh gaharu dapat membantu Anda ketika merasakan hal tersebut.

Mengonsumsi teh gaharu secara rutin dapat membantu meningkatkan jumlah buang air kecil. Jika hal ini Anda rasakan, itu artinya teh gaharu bekerja di dalam tubuh.

Mengurangi Bau Mulut

Umumnya, 80 persen pengguna gaharu adalah untuk mengurangi bau mulut. Bau mulut ini bisa terjadi karena terdapat penyakit pada mulut atau gusi.

Jika Anda mengalaminya, tidak ada salahnya untuk mencoba gaharu. Pilihlah teh gaharu terlebih dahulu. Hal ini biasanya akan mengurangi bau mulut, namun jika Anda memiliki masalah lambung seperti maag kronis, maka mungkin gaharu tidak akan bekerja.

Menstabilkan Gula Darah

Teh gaharu berbeda dari teh lainnya yang mengandung kafein. Dengan kata lain, teh ini sangat cocok untuk para penderita diabetes yang ingin menjaga gula darahnya agar tetap aman. Teh gaharu tersebut merupakan obat yang terbaik daripada obat buatan lain.

Mengurangi Masalah Pernapasan

Last but not least, teh gaharu juga dapat membantu untuk mengurangi masalah pernapasan seperti batuk dan pilek. Mengonsumsinya secara rutin dapat melegakan dan juga mengatasi iritasi lain yang ada pada sistem pernapasan.

Terpopuler Pekan Ini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here