Langkah-Langkah Menyambut Bulan Ramadan

Kurang dari sebulan lagi kita akan memasuki bulan Ramadan, sudah saatnya untuk mempersiapkan diri menyambut kedatangannya.
Ramadan
An arabesque lantern lamp Symbol of Ramadan times, also a famous Middle eastern (specially in morocco and Egypt) lighting decoration item..Some copy space was left up to fit greeting or title textMore Similar and Arabia Related.." (Foto: gettyimages.com)

Kurang dari sebulan lagi kita akan memasuki bulan Ramadan, sudah saatnya untuk mempersiapkan diri menyambut kedatangannya.

Apa saja yang perlu kita dipersiapkan? Banyak yang harus dipersiapkan, terutama hal-hal berikut ini. Bukan hanya raga tetapi juga juga dan batin perlu dipersiapkan agar dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadan dengan tenang.

Bertobat dan Perbanyak Doa

Sebagai manusia, kita pasti tidak luput dari kesalahan. Baik kesalahan besar atau kecil. Oleh karena itu, pantaslah bagi kita bertobat dan meminta ampunan dari Allah SWT.

Dengan bertobat dan memohon ampunan atas segala dosa, Anda akan mendapatkan ketenangan batin dan siap menghadapi bulan Ramadan. Tentunya bertobat tidak hanya di mulut saja tetapi dibuktikan dengan perubahan tingkah laku.

Jadi, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk bertobat sebelum memasuki bulan Ramadan.

Perbanyak Ibadah Sunnah

Membiasakan diri melakukan ibadah dan amalan sunnah akan membuat Anda tidak merasa berat ketika memasuki bulan Ramadan. Ibadah sunnah akan melatih jiwa dan raga dalam menyambut bulan Ramadan.

Ibadah yang bisa dilakukan seperti puasa sunnah Senin Kamis dan salat Tahajud. Membiasakan diri berpuasa akan melatih tubuh agar bisa tetap bekerja saat melakukan di puasa Ramadan. Membiasakan salat Tahajud akan melatih tubuh untuk terbiasa melakukan ibadah malam seperti salat Tarawih.

Selain bermanfaat bagi tubuh, ibadah sunnah akan lebih mendekatkan Anda kepada Allah SWT.

Membayar Hutang Puasa di Tahun Sebelumnya

Selain menyambut bulan Ramadan memang, yang tidak kalah penting adalah membayar hutang puasa.

Mengganti (qadha) puasa di bulan Ramadan pada tahun sebelumnya hukumnya wajib. Karena setiap puasa Ramadan adalah kewajiban bagi umat muslim.

Hutang puasa sering terjadi pada perempuan ketika menghadapi masa menstruasi yang mengharamkan melaksanakan puasa di bulan Ramadan.

Jadi, perempuan yang puasanya terpotong oleh masa menstruasi diwajibkan untuk mengganti puasa di bulan lain selain Ramadan.

Sudahkan anda mengganti hutan puasa di Ramadhan tahun sebelumnya? Sebelum terlambat, maka segaralah mengganti puasa anda selama masih ada waktu yang tersisa sebelum bulan Ramadhan.

Bulan Ramadan memang penuh berkah dan rahmat. Pada bulan tersebut, kita harus berlomba-lomba untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Pada bulan Ramadhan, kebaikan sedikit saja akan berbuah pahala yang berlipat ganda.

Memang hasilnya tidak akan kita terima sekarang. Tetapi akan kita tuai hasilnya kelak di akhirat.

Jadi, jangan lupa luangkan waktu anda dalam rangka persiapan menyambut bulan Ramadhan.