5 Tips Memilih Peralatan Masak yang Aman

Apakah kamu tahu bahwa peralatan masak dapat membawa kabar buruk bagi kesehatan keluarga Anda?
Alat masak.
Alat masak. (Foto: ruangmom.com)

Apakah kamu tahu bahwa peralatan masak dapat membawa kabar buruk bagi kesehatan keluarga Anda? Apakah kamu yakin bahwa memiliki peralatan masak yang aman?

Ya, sebagai istri atau ibu tentunya kamu sangat memikirkan akan kesehatan keluarga. Kamu akan memberikan perhatian yang ekstra melalui makanan, minuman, hingga berbagai produk yang digunakan.

Saat ini, alat-alat rumah tangga banyak dikaitkan dengan kesehatan. Seperti air conditioner (AC) yang dapat menyaring berbagai kuman untuk menghasilkan udara yang lebih baik. Hal seperti itu juga terjadi pada peralatan masak.

Ada berbagai macam jenis peralatan masak yang ada saat ini seperti anti lengket, aluminium dan lain sebagainya.

Pertanyaannya saat ini adalah, bagaimana cara memilih peralatan masak yang aman untuk keluarga?

Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan peralatan masak yang aman dan berkualitas.

Tips Peralatan Masak yang Aman

Mengetahui Kegunaan Peralatan Masak

Hal pertama yang perlu Anda kuasai untuk mendapatkan peralatan masak yang aman adalah dengan mengetahui berbagai jenis peralatan. Tentu saja setiap peralatan tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Contohnya sendok dan pisau merupakan peralatan masak yang wajib Anda miliki. Pisau tidak dapat Anda gunakan untuk mengaduk masakan yang ada di panci. Karena jika dipakai, maka panci akan rusak.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui kegunaan dari sebuah peralatan masak.

Ketahui Bahan yang Aman untuk Digunakan

Bahan yang digunakan dalam membuat sebuah peralatan masak merupakan hal terpenting. Hal tersebut karena bahan yang kurang tepat dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan.

Apakah kamu pernah mendengar bahwa menggunakan peralatan masak aluminium dapat meracuni tubuh? Apakah kamu pernah mendengar bahwa saat memasak di teflon, tidak baik untuk menggunakan peralatan masak tambahan selain dari besi?

Nah hal tersebut sebenarnya dikaitkan dengan bahan yang digunakan dalam membuat peralatan masak tersebut.

Beberapa bahan yang aman dalam peralatan masak yaitu:

Stainless

Bahan pertama yang cocok dan aman dalam peralatan masak adalah stainless steel dan anti lengket. Kelebihan dari bahan ini tentu saja dapat mengurangi penggunaan minyak saat menggoreng. Namun, jika terdapat bagian dari peralatan tersebut yang terkelupas maka akan berbahaya karena bercampur dengan makanan.

Plastik

Plastik juga merupakan peralatan masak yang cocok dan aman. Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis plastik cocok untuk Anda gunakan.

Mungkin kamu pernah melihat dan mengetahui bahwa beberapa peralatan dari plastik sangat tidak baik untuk kesehatan. Ya itu benar. Beberapa peralatan makan dari plastik atau melamin yang tidak disarankan oleh Dinas Kesehatan karena mengandung bahan kimia. Bahan kimia tersebut jika dipanaskan akan bercampur ke makanan dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Kamu tidak perlu khawatir, bahan melamin yang sangat baik dan aman untuk digunakan adalah bahan yang memiliki kualifikasi “Food Grade”. Maksud dari kualifikasi tersebut adalah material atau bahan yang digunakan tidak beracun, tidak mengubah rasa dan kualitas makanan serta tidak berbahaya bagi kesehatan.

Kayu

Bahan peralatan masak yang aman selanjutnya yaitu kayu. Peralatan dengan bahan ini sangat mudah dibersihkan. Namun jika tidak tepat dalam penyimpanannya, maka akan menimbulkan jamur.

Keramik

Bahan ini sangat cocok untuk kamu gunakan karena sangat mudah dibersihkan dan mampu memberikan panas yang baik. Selain itu, peralatan masak dengan bahan keramik anti lengket.

Sesuaikan Peralatan dengan Jenis Masakan

Tips ketiga dalam memilih peralatan masak yang aman adalah dengan menyesuaikannya dengan masakan kamu.

Misalnya jika kamu sedang menggoreng, maka lebih baik spatula yang kamu gunakan terbuat dari kayu. Jika kamu ingin menyimpan makanan hangat dalam waktu yang lama, maka kamu dapat menggunakan peralatan masak berbahan keramik.

Dengan begitu, kamu menggunakan peralatan tersebut dengan benar.

Salah satu hal yang membuat peralatan menjadi berbahaya adalah penggunaannya yang tidak tepat. Misalnya Anda menggunakan wajan berbahan stainless. Lalu, kamu menggunakan spatula yang tajam atau pisau sehingga wajan tersebut tergores. Hal inilah yang menyebabkan wajan tersebut menjadi berbahaya.

Intinya adalah gunakan peralatan pada masakan yang tepat.

Sesuai dengan Budget

Sebelum kamu membeli peralatan masak, alangkah lebih baik untuk melihat budget yang kamu miliki. Jangan pernah tergiur dengan diskon atau bentuk promosi lainnya.

Hal itu akan membuat kamu membeli barang secara impulsif. Misalkan kamu membutuhkan spatula dengan bahan dasar kayu. Namun saat kamu mengunjungi e-commerce, ternyata terdapat diskon untuk satu set peralatan masak. Lalu kamu berpikir jika membelinya sekarang, maka kamu lebih untung. Padahal, di dalam satu set peralatan tersebut, hanya satu yang kamu butuhkah.

Contoh lainnya yaitu karena kamu ingin memiliki peralatan masak yang aman dan awet, maka kamu ingin membeli peralatan berbahan keramik. Seperti yang kita ketahui, peralatan dengan bahan keramik memiliki harga yang lebih tinggi.

Jika kamu tidak memiliki budget untuk membeli peralatan tersebut, lebih baik untuk memilih peralatan masak sejenis dengan bahan yang lebih murah namun kualitas yang terjamin.

Ketahui Cara Merawat Peralatan yang Tepat

Tips terakhir yaitu kamu perlu mengetahui bagaimana cara merawat peralatan dapur yang tepat. Tentunya setiap bahan yang digunakan memiliki perlakuan dan cara perawatan yang berbeda-beda.

Contohnya yaitu pada peralatan berbahan dasar kayu. Kamu perlu membersihkannya dengan tepat dan mengeringkannya dengan tepat. Selain itu, tempat penyimpanan juga perlu diperhatikan karena peralatan dengan bahan kayu ini mudah berjamur.

Contoh lainnya yaitu peralatan melamin atau berbahan dasar plastik. Saat kamu mengonsumsi makanan yang berminyak menggunakan peralatan berbahan dasar plastik, maka kamu perlu untuk membersihkannya dengan ekstra. Hal tersebut karena minyak dapat tertinggal di permukaan peralatan makan, dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Itulah 5 tips yang dapat kamu terapkan untuk mendapatkan peralatan masak yang aman.