Kelebihan dan Kekurangan AC Portable yang Perlu Kamu Ketahui

Buat kamu yang ingin memiliki AC portable, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan AC portable yang perlu kamu tahu!
Kelebihan dan Kekurangan AC Portable yang Perlu Kamu Ketahui

Pernahkah Anda memiliki keinginan untuk membeli air conditioner (AC) portable?

Ya, pendingin ruangan atau AC merupakan barang elektronik yang dapat membantu untuk menghadirkan suasana sejuk dan nyaman dalam sebuah ruangan.

Bagaimana tidak, jika matahari sedang terik-teriknya suhu dapat mencapai 30°C bahkan lebih. Sangat tidak nyaman dan panas.

Jika dulu jenis AC hanyalah AC permanen yang diletakkan di dinding, sekarang sudah ada AC portable. AC jenis ini dapat Anda bawa ke mana-mana sesuai dengan kebutuhan.

Setiap produk tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, termasuk AC portable.

Buat kamu yang ingin memilikinya, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan AC portable yang perlu kamu tahu!

Kelebihan AC Portable

Mudah dibawa

Kita bahas dahulu bagian positifnya, yaitu kelebihan AC portable. Tentu saja sesuai dengan namanya AC ini dapat dibawa kemana-mana sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Anda dapat menggunakannya untuk banyak tempat. Mulai dari kamar tidur, kamar mandi, ruang makan, hingga ruang keluarga.

Tidak perlu melubangi tembok

Salah satu kelemahan AC dinding adalah perlunya untuk melubangi tembok. Hal ini tidak terjadi pada AC portable karena Anda dapat meletakkannya di lantai.

Selain itu, AC portable juga tidak perlu teknisi untuk memasang atau melepaskannya seperti AC dinding.

Dapat disembunyikan

Karena bentuknya yang kecil dan dapat dipindahkan, maka AC portable dapat Anda sembunyikan dalam suatu tempat ketika dikira mengganggu pemandangan. Bisa di antara lemari atau di dalam lemari.

Harga yang murah

Salah satu kelebihan AC portable yang menggiurkan adalah harganya yang lebih murah dibandingkan AC dinding. Dengan begitu, Anda akan mengurangi pengeluaran namun akan tetap mendapatkan pendingin ruangan yang terbaik.

Kekurangan AC Portable

Suara yang berisik

Salah satu kekurangan AC portable yang paling banyak dikeluhkan oleh penggunanya adalah suara yang ditimbulkan cukup besar dan berisik. Sebenarnya seluruh jenis AC menghasilkan suara yang mengganggu, namun suara tersebut berada di bagian AC yang ada di luar ruangan sehingga tidak terlalu mengganggu.

Membutuhkan lebih banyak energi

Segala jenis AC dapat melepaskan udara hangat dan sejuk saat sedang aktif. Jika AC dinding dirancang untuk memiliki bagian di luar ruangan yang berguna untuk melepaskan udara hangat, maka hal tersebut tidak terdapat dalam AC portable.

Saat dijalankan, AC portable melepaskan udara hangat dan sejuk secara bersamaan dalam sebuah ruangan. Walaupun udara hangat tersebut tidak terlalu banyak, namun tetap berpengaruh memperlambat proses pendinginan ruangan.

Sehingga, AC portable membutuhkan lebih banyak waktu untuk mendinginkan ruangan. Imbasnya, AC portable membutuhkan lebih banyak energi dibandingkan AC jenis lain.

Mengosongkan tangki pembuangan secara teratur

AC memiliki kemampuan untuk menarik kelembapan udara yang ada dalam ruangan tertutup sehingga ruangan tersebut menjadi nyaman. Saat dijalankan, AC portable perlu diletakkan di dekat jendela untuk membantu pembuangan air dari proses penarikan udara yang lembap. Jika tidak, maka air tersebut akan melimpah ke lantai.

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan dari AC portable tersebut, apakah Anda masih ingin memiliki sebuah AC portable? Anda bisa mendapatkan AC portable dengan kualitas terjamin dengan merek Daikin. Karena AC Daikin terbukti memiliki kelebihan dibandingkan AC pesaing lainnya.