AC Split VS AC Portable, Pilih yang Mana?

AC split dan AC portable memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri. Anda dapat menyesuaikan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.
AC Split VS AC Portable, Pilih yang Mana?

Saat Anda pergi ke pasar atau melihat-lihat di e-commerce, maka Anda pasti menemukan AC split dan AC portable. Ya, kedua jenis AC ini merupakan jenis yang sangat mudah ditemukan di pasar, baik pasar fisik maupun non fisik.

Selain dari dua jenis AC tersebut, ada juga AC window yang banyak di pasaran. Namun, sebagian orang terkadang bingung untuk memilih apakah membeli AC split atau AC portable.

Karena hal tersebut, maka kami telah merangkum beberapa kelebihan AC split dan portable yang dapat Anda jadikan acuan untuk memilih salah satu diantaranya.

Ukuran AC

Jika dilihat dari ukuran AC, maka AC Split lebih berat dan lebih besar dibandingkan dengan AC portable.

Posisi AC

Perbedaan kedua yang dapat Anda temukan dari kedua AC tersebut adalah posisi AC beroperasi. AC Split memiliki salah satu bagian yang perlu di pasang di dinding dalam ruangan serta luar rumah. Sedangkan AC portable hanya membutuhkan satu tempat dan dapat dipindahkan ke tempat lainnya.

Biaya Pemasangan

Karena posisinya yang terletak di dinding dalam ruangan serta luar rumah, maka pemasangan AC split membutuhkan bantuan dari seorang yang profesional. Berbeda dengan AC portable yang dapat dipasang sendiri dan dapat diatur sendiri seperti panjang selang pembuangan.

Suara

Jika dari ketiga perbedaan di atas terlihat bahwa AC portable lebih unggul dibandingkan AC split, maka untuk bagian berikut hal tersebut tidak akan terjadi. AC split tidak menimbulkan suara yang besar serta berisik karena terdapat perbedaan dari kedua bagian AC, yaitu di dalam ruangan dan di luar rumah. Sedangkan AC portable menghasilkan suara yang lebih keras dan berisik karena kedua bagiannya berada dalam satu tempat.

Teknologi

Sudah banyak sekali perkembangan teknologi untuk AC split sehingga menjadikan AC ini salah satu alat elektronik yang pintar. Hal tersebut tidak berlaku untuk AC portable, karena AC portable belum dilengkapi dengan teknologi dan fitur tambahan. Sehingga AC portable hanya menyediakan fitur untuk mengatur suhu dan kelembaban udara pada sebuah ruangan saja.

Dari perbedaan di atas, AC mana yang akan Anda pilih?