5 Penyebab dan Cara Mengatasi AC Bau Tak Sedap

AC dengan bau tak sedap sangat menggangu. Ada 5 penyebab umum yang menyebabkan AC berbau tidak sedap, temukan semuanya di sini!
5 Penyebab dan Cara Mengatasi AC Bau Tak Sedap

Bayangkan saat Anda pulang dari bekerja dalam keadaan tubuh yang letih dan gerah. Lalu setelah masuk rumah dan menghidupkan AC, yang Anda dapatkan adalah AC dengan bau yang tak sedap.

Tentu saja menimbulkan perasaan kesal dan marah. Anda juga pasti bertanya-tanya apa saja penyebab dari AC tersebut mengeluarkan bau yang tak sedap. Padahal, pagi harinya Anda masih memiliki AC yang dapat bekerja dengan baik.

Lantas apa saja penyebab AC mengeluarkan bau yang tak sedap? Lalu apa langkah yang terbaik yang dapat dilakukan untuk AC tersebut?

Kebocoran pada Unit AC

Penyebab pertama dan umum terjadi adalah kebocoran pada AC. Bau yang ditimbulkan dari penyebab tersebut seperti bau knalpot mobil.

Hal tersebut karena saat AC bekerja, AC akan menggunakan beberapa cairan dan saat dipanaskan akan tercium bau seperti asap knalpot. Jika terdapat kebocoran, maka kinerja dari AC tersebut akan berkurang. Selain itu, AC akan melepaskan bahan kimia yang berbahaya untuk lingkungan.

Apa yang harus Anda lakukan? Anda perlu untuk berkonsultasi dengan tenaga profesional. Tenaga profesional akan memeriksa dengan pasti apa penyebab AC tersebut mengalami kebocoran.

Sebelum tenaga profesional tiba, Anda dapat mematikan AC dan membuka jendela sehingga udara dari luar akan masuk ke dalam rumah. Dengan begitu, Anda akan mengurangi efek berbahaya dari AC yang bocor.

Terdapat Bagian yang Terbakar

AC memiliki kemungkinan untuk mengeluarkan bau seperti terbakar. Hal tersebut tentu sesuai dengan bau yang dihasilkan bahwa terdapat bagian yang terbakar.

Bagian yang terbakar pun bisa berbagai macam mulai dari papan sirkuit, kabel listrik, kipas angin, kompresor, dan masih banyak lagi.

Jika bau tersebut semakin lama semakin pekat, maka langkah yang tepat adalah dengan mematikan AC Anda. Jangan gunakan dahulu atau berusaha untuk memperbaikinya sendiri. Lebih baik untuk menghubungi tenaga profesional sehingga AC dapat ditangani dengan tepat.

Terdapat Binatang yang Mati

Jika AC Anda mengeluarkan bau tak sedap seperti bau bangkai, maka Anda perlu mencurigai bahwa terdapat binatang yang mati pada AC tersebut.

Binatang yang mati bisa saja serangga yang bersarang di saluran AC Anda, sehingga mereka sewaktu-waktu dapat terjebak dan mati di dalam AC.

Namun setelah Anda periksa, tidak terdapat satupun binatang yang terjebak di AC. Binatang dapat mati tidak hanya di bagian depan atau luar AC saja, melainkan bagian yang lebih dalam.

Maka dari itu, Anda perlu untuk membersihkan AC dengan lebih teliti. Jika Anda telah mencobanya dan bau masih ada, maka mintalah bantuan dari tenaga profesional untuk membersihkan AC Anda dari binatang tersebut.

Terdapat Jamur atau Lumut

AC yang tidak dirawat dengan baik akan menjadi sarang bagi jamur dan lumut. Jika hal tersebut terjadi, maka AC Anda akan mengeluarkan bau apek.

Jamur atau lumut dapat timbul karena penumpukan air di tempat pembuangan. Selain itu, jamur juga dapat timbul pada filter AC yang kotor. Hal tersebut akan diperparah dengan iklim yang ada.

Anda dapat membersihkan sendiri filter atau saluran pembuangan tersebut sehingga bau apek dapat hilang.

Koil Evaporator Kotor

Penyebab terakhir dari bau ac yang tak sedap adalah kol evaporator yang kotor. Bau yang dihasilkan sangat tidak mengenakkan.

Anda dapat mengatasinya dengan menyemprotkan cairan pembersih ke koil evaporator tersebut. Jika tidak berhasil, maka hubungilah tenaga profesional untuk membantu Anda.

5 Penyebab di atas merupakan penyebab umum ac bau tak sedap. Apakah Anda pernah menemui penyebab lainnya?