Slice bread with jam (Source: Pikrepo.com)

Assalamualaikum temen-temen semua…

Aku mau nanya nih, selama pandemi ini, apakah kulit wajah kamu menjadi sering timbul jerawat? Ataupun menjadi kusam dan terlihat tidak sehat?

Hal itu aku alami juga, dan tentu hal itu ada kaitannya dengan makanan. Karena aku ataupun kamu pasti selama #dirumahaja akan lebih banyak ngemil dan itu tidak sehat wkwkwk. Apalagi, jika godaan rebahan menghampiri, beuh habis makan langsung rebahan sambil nonton netflix. 

Nah gimana caranya kita bisa balik ke pola makan yang sehat? Salah satu caranya yaitu dengan mencoba sarapan sehat. 


Apa itu sarapan sehat? Berdasarkan klikdokter.com, sarapan sehat memiliki dua syarat yaitu dengan waktu dan komposisi yang tepat. 

Waktu yang tepat adalah yaitu sebelum memulai aktivitas. Komposisi yang tepat dengan mempertimbangkan kadar karbohidrat, serat, protein, lemak, vitamin serta mineralnya.

Bingung harus makan apa untuk sarapan? Berikut ini beberapa ide sarapan sehat dan simple: 

1. Susu Low Fat

Soy Milk (Source: Pikrepo.com)

Yaps, sarapan sehat sangat-sangat simpel dan hemat adalah susu. Bahkan dulu waktu kita kecil, kita sudah dibiasakan untuk minum susu. Namun, jika kamu memang mau hidup lebih sehat, cobalah untuk memilih susu rendah kalori dan rendah lemak. Tapi, jangan lupa untuk membaca bagian nutrisi pada kemasan susu ya, karena ada beberapa susu yang mengklaim rendah lemak, tapi gulanya masih tinggi. 

Kalori untuk susu low fat sendiri mulai dari 80 kkal. 

2. Yoghurt

Yogurt with berries (Source: unsplast.com)

Ide sarapan sehat selanjutnya yaitu yoghurt. Yoghurt adalah olahan susu dengan campuran fermentasi bakteri baik. Rasa yoghurt ini adalah sedikit asam dan bentuknya seperti krim. 

Yoghurt ini sangat bagus buat dijadikan sarapan karena bakteri baiknya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Varian yoghurt pun sudah banyak, dari plain (tanpa rasa), hingga rasa-rasa buah. Kalori yoghurt plain 100 ml yaitu sekita 90 kalori dan tentunya sangat sedikit, namun mengenyangkan. 

3. Oatmeal

Oatmeal (Source: Pikrepo.com)

Sebagian kita pasti sudah tau oatmeal, tapi apakah kamu suka dengan rasa hambar dari oatmeal tersebut? 

Nah, oatmeal dapat menjadi ide sarapan sehat kamu dan kamu tidak perlu memasaknya. Cukup dengan mencampurnya dengan susu low fat atau susu kedelai, lalu kamu dapat langsung mengonsumsinya. 

Jika kamu punya buah apapun di rumah, bisa banget untuk mencampurkannya. Dijamin deh, rasa hambar oatmeal akan tergantikan dengan rasa susu dan buah tersebut. Oiya, kalori oatmeal untuk 4 sendok makan atau 35 gram adalah 140 kkal, dan ini sudah kenyang banget. 

4. Bread and Jam 

Slice bread with jam (Source: Pikrepo.com)

Bahasa biasanya roti dan selai wkwk. Siapa di sini pecinta roti?? Roti juga bisa menjadi salah satu pilihan kamu untuk sarapan sehat. Tapi, kamu harus mulai berusaha nih untuk beralih dari roti tawar menjadi roti gandum. Hal ini karena roti gandum menciptakan rasa kenyang lebih lama dibandingkan roti tawar. 

Roti gandum ini bisa saja kamu tambahkan selai apapun yang kamu suka, maka rasanya akan lebih nikmat. Kalori roti gandum untuk perlembarnya adalah 95kkal (berdasarkan brand roti yang terkenal)

5. Cereal

Cereal and milk (Source: Pikrepo.com)

Siapa yang tidak suka cereal? Sudah banyak sekali jenis cereal, mulai dari rasa coklat, jagung, bahkan buah-buahan. Nah, cereal ini bisa banget jadi salah satu pilihan kamu untuk sarapan sehat. 

Cereal merupakan sumber karbohidrat kompleks dan tentunya dapat mengontrol kadar gula kita. Kalori cereal pun berbagai macam, namun kalori terendah untuk seporsinya dengan berat 25 gram yaitu 90kkal. 

6. Fruits Bowl

Bowl of fruits (Source: Pikrepo.com)

Buah, makan yang tidak perlu dicemaskan karena berasal dari alam tanpa diolah sedikitpun. Dengan kamu memotong buah dan menyusunnya disebuah wadah dengan cantik, maka akan lebih menggugah selera.

Kalori buah tentu berbeda antara satu buah dengan buah lainnya, begitu pula dengan manfaatnya. Beberapa buah yang aku rekomendasikan untuk sarapan yaitu, pisang, pepaya, alpukat dan berries. 

7. Smoothies

Green smoothies with strawberry (Source: Pikrepo.com)

Smoothies adalah pilihan kamu jika tidak terlalu suka makan buah dengan utuh. Walaupun tentunya lebih baik konsumsi buah secara langsung tanpa pengolahan, namun smoothies juga tidak kalah nikmat untuk dicoba. Terlebih jika kamu tertarik untuk mencoba green smoothies, maka dengan satu minuman saja kamu tidak hanya mengonsumsi buah, namun juga sayuran. 

Yaps, itulah 7 ide sarapan sehat yang sudah aku lakukan, dan tentunya bisa kamu lakukan juga. Intinya, cobalah untuk hidup lebih sehat, maka body goals dan glowing skin akan mendatangimu. Happy breakfast dear 🙂 

8 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here