Jangan Salah, Berikut Cara Makan Makanan Jepang

Selama ini mencoba berbagai banyak makanan Jepang, apakah kamu tahu bagaimana cara makan makanan Jepang yang tepat?
Ilustrasi makanan Jepang.
Ilustrasi makanan Jepang. (Foto: groupon.ae)

Selama ini mencoba berbagai banyak makanan Jepang, apakah kamu tahu bagaimana cara makan makanan Jepang yang tepat? Atau kamu hanya melihat sekitar dan menirunya?

Makanan Jepang saat ini telah beredar di banyak negara, termasuk di Indonesia. Banyak restoran-restoran Jepang yang masuk ke Indonesia serta menyajikan makanan-makanan khas Jepang. Contohnya saja sushi, shabu-shabu, dan sashimi.

Jepang memiliki beragam makanan yang sangat disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun makanan tersebut tentu saja datang dari suatu daerah dengan norma dan adat istiadat yang harus diikuti oleh orang-orang. Dengan mengikuti etiket tersebut, kita dapat menunjukkan perilaku sopan santun, hormat, serta menghargai makanan yang telah disajikan. Hal ini sangat penting untuk diketahui, terlebih jika kamu makan di daerah asalnya.

Maka dari itu, artikel ini akan membahas lebih mendalam mengenai cara makan makanan Jepang yang tepat sesuai dengan aslinya.

Nasi

Nasi merupakan makanan utama masyarakat Jepang. Nasi biasanya diletakkan pada sebuah mangkuk yang berbeda dengan lauk pauk.

Cara yang tepat untuk makan nasi yaitu pegang mangkok dengan tangan kiri, dan sumpit di tangan kanan. Setelah itu, arahkan mangkuk ke dekat mulut saat makan.

Masyarakat terbiasa untuk makan nasi menggunakan sumpit. Namun ada beberapa hidangan nasi yang sulit untuk dimakan dengan sumpit, salah satunya adalah nasi kari. Makanan seperti itu diperbolehkan untuk menggunakan sendok.

Bicara soal nasi yang jadi makanan pokok orang Indonesia, klik di sini untuk tahu beberapa sarapan lainnya yang bisa kamu coba.

Sushi

Sushi merupakan makanan yang terkenal di seluruh dunia. Makanan satu ini memiliki cara dan tata krama sendiri yang harus diikuti, dan terkadang tidak digunakan di luar negeri. Tentu saja aturan tersebut masih digunakan di Jepang, dan jika kamu makan sushi langsung di negara aslinya, kamu harus memerhatikan beberapa hal berikut.

Saat kamu berniat untuk mengunjungi restoran sushi, maka akan lebih baik kamu tidak menggunakan parfum. Hal ini karena penggunaan parfum dapat merusak rasa untuk tamu lain. Selain itu, dianjurkan untuk mematikan ponsel sehingga tidak mengganggu tamu lain yang sedang makan. Ini merupakan salah satu kebiasaan masyarakat Jepang yang menjalin hubungan harmonis dengan temannya saat makan.

Cara makan sushi sebenarnya sederhana. Kamu dapat menuangkan kecap ke dalam mangkuk kecil. Usahakan untuk mengambil kecap secukupnya saja karena membuang kecap merupakan perilaku yang tidak sopan. Selanjutnya, Anda juga tidak diperkenankan untuk mencampur wasabi ke dalam kecap tersebut. Hal ini karena beberapa sushi sudah terdapat wasabi. Jika Anda memang menginginkan untuk menambah wasabi, maka ambil sedikit wasabi dan letakkan di atas sushi sehingga rasa lembut sushi tidak kalah dengan rasa kuat dari wasabi.

Setelah sushi disajikan, maka kamu langsung dapat memakannya dengan menggunakan sumpit dengan membalik sushi ke samping dan menjepitnya lalu mencelupkannya ke dalam kecap. kamu juga dapat makan sushi dengan tangan. Caranya sama, namun menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk menjepit sushi.

Ada sedikit cara berbeda untuk jenis sushi lain, seperti nigiri-zushi dan gunkan-zushi. Untuk nigiri-zushi, Anda dapat mencelupkannya ke dalam kecap dengan posisi terbalik, sehingga bagian ikan yang terkena kecap, bukan nasi. Beberapa jenis nigiri-zushi yang diasinkan tidak boleh dicelupkan ke dalam kecap karena sudah dibumbui sebelum disajikan.

Untuk gunkan-zushi, Anda dapat menuangkan sedikit kecap di atas sushi dibandingkan mencelupkannya.

Wah ternyata sushi memiliki banyak varian ya!

Sukiyaki

Apakah kamu pencinta sukiyaki?

Sukiyaki merupakan salah satu makanan Jepang yang disiapkan dan dimasak di atas meja. Bahan utama dalam makanan ini adalah daging serta sayuran yang disajikan dengan saus. Karena hal inilah maka sebagian orang sering tertukar antara sukiyaki dan shabu-shabu.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat mengunjungi restoran sukiyaki. Pertama, sukiyaki disiapkan dan dimasak di atas meja oleh pelayan, jadi kamu tidak perlu merasa segan karena hal tersebut. Kedua, sukiyaki biasanya dimakan dengan telur mentah. Kamu hanya perlu untuk meletakkan telur di dalam mangkuk kecil dan mencelupkan daging yang telah dimasak. Tidak perlu khawatir akan telur mentah, karena telur mentah Jepang memiliki kualitas yang berbeda dengan yang ada di Indonesia dan tentu saja rasanya sangat segar.

Shabu-shabu

Shabu-shabu merupakan hidangan daging dan sayuran di dalam sebuah hotpot. Cara mengonsumsi shabu-shabu yang tepat yaitu melunakkan daging dengan menggunakan kaldu yang telah disediakan. Setelah itu karena daging tersebut tidak dibumbui, maka harus mencelupkannya ke ponzu ataupun goma-dare. Rasa yang dihasilkan dari ponzu adalah segar dan rasa dari goma-dare adalah lezat.

Sudah pernah makan shabu-shabu sebelumnya?

Sashimi

Cara makan sashimi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara makan sushi. Kamu perlu menuangkan kecap ke dalam mangkuk kecil dan tidak diperkenankan untuk menambahkan wasabi ke dalamnya. Jika ingin menggunakan wasabi, maka letakkan sedikit di atasnya dan celupkan sashimi ke dalam kecap. Jika tidak menyukai wasabi, maka dapat menambahkan jahe bubuk.

Sup Miso

Cara makan sup miso yaitu dengan menggunakan sumpit. Loh kenapa bukan sendok? Masyarakat Jepang terbiasa untuk makan makanan padat yang ada pada sebuah sup menggunakan sumpit, setelah itu meminum kuahnya langsung dari mangkuk.

Berbeda sekali ya dengan kita yang biasanya menggunakan sendok.

Mie

Makanan utama kedua masyarakat Jepang adalah mie yang terbuat dari tepung terigu. Cara makan makanan Jepang satu ini yang tepat adalah menggunakan sumpit dengan cara menyeruput. Menyeruput dipercaya masyarakat sekitar sebagai rasa terima kasih atas makanan yang dihidangkan serta dapat meningkatkan rasa.

Tapi Anda harus hati-hati saat menyeruput mie tersebut. Jangan sampai ada kuah atau hal-hal yang keluar dari mangkuk mie bahkan mengenai orang lain. Ini merupakan hal yang tidak sopan bagi masyarakat Jepang.

Nasi Kari

Hidangan Jepang yang menggunakan nasi dan juga terkenal adalah nasi kari. Nasi kari merupakan hidangan yang disediakan di atas piring dan dicampur dengan saus.

Cara makan nasi kari berbeda dengan makan nasi putih. Nasi kari dimakan menggunakan sendok besar dan tidak menggunakan sumpit. Hal ini karena nasi yang diberikan saus akan susah dimakan menggunakan sumpit.

Penggunaan sendok tidak hanya digunakan saat makan nasi kari, namun juga dapat digunakan untuk makanan nasi lain yang menggunakan saus.

Cemilan

Cemilan Jepang banyak sekali ditemukan seperti tempura udang dan tahu. Cemilan ini biasanya disajikan dalam porsi yang besar sehingga tidak akan muat dalam satu suapan. Kamu tidak diperkenankan untuk menggigit makanan dan menyisakan sebagian di piring. Cara yang tepat adalah dengan memotongnya menjadi bagian yang lebih kecil. Dengan begitu, kamu akan memakannya dalam satu suapan.

Makanan Jepang apa yang sudah pernah kamu coba? Apakah selama ini cara makan makanan Jepang yang kamu lakukan sudah benar?

Baca juga perubahan terbaru pada blog ini.